Identitas
Mata Pelajaran | IPS |
Kelas/Fase Elemen | 8 / Fase D menjelaskan dan menganalisi |
Materi | Dinamika Penduduk |
Pertemuan ke | 30 |
Guru Pengampu | Aprizal |
Waktu Pembelajaran | Rabu , 8A 8B (sesuai jadwal) 21 oktober 2024 |
Capaian Pembelajaran:
Pada akhir Fase D, Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta erefleksikan pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan dan menganalisis Dinamika Penduduk dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan.
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Sebelum kita memasuki materi hari ini, mari kita ingat lagi tentang Dinamika Penduduk . Kita tentu sudah memahami Tujuan dari pembelajaran kita..
ok guys.... semakin jelas ingatan kita terutama setelah memahami hasil dari STS kalian, maka materi ini merupakan kelanjutan yang memiliki kaitan satu sama lainnya yaa... sekarang mulai yuks membahasa Dinamika Pendudukl.
Materi
Dinamika penduduk adalah perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah yang disebabkan oleh tiga faktor utama: kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk (migrasi). Faktor-faktor ini mempengaruhi penambahan atau pengurangan jumlah penduduk, yang pada gilirannya dapat menimbulkan berbagai masalah sosial dan ekonomi.
**Kepadatan Penduduk**
Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk per satuan luas wilayah. Data kepadatan penduduk digunakan untuk menentukan kebijakan pemerataan penduduk, program KB, dan lain-lain. Kepadatan penduduk yang tinggi dapat menimbulkan masalah seperti kelangkaan sumber daya alam dan berbagai problem sosial lainnya.
**Faktor-Faktor Dinamika Penduduk**
Faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk adalah:
1. Kelahiran (Natalitas): Proses kelahiran penduduk yang tidak terkendali dapat menimbulkan penambahan penduduk yang cepat.
2. Kematian (Mortalitas): Angka kematian yang rendah dapat mempengaruhi dinamika penduduk dengan cepat.
3. Perpindahan Penduduk (Migrasi): Migrasi penduduk dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti lowongan pekerjaan yang semakin menipis, sulit beradaptasi di daerah asal, atau adanya tekanan dalam bermasyarakat.
Dampak Dinamika Penduduk
Dampak dinamika penduduk yang tidak terkendali dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti:
1. Kemiskinan: Tingkat kepadatan penduduk yang tinggi dapat menimbulkan kemiskinan.
2. Kelangkaan Sumber Daya Alam: Tingkat kepadatan penduduk yang tinggi dapat menimbulkan kelangkaan sumber daya alam.
3. Masalah Sosial: Tingkat kepadatan penduduk yang tinggi dapat menimbulkan berbagai masalah sosial lainnya.
**Pengendalian Dinamika Penduduk**
Pengendalian dinamika penduduk dapat dilakukan dengan cara mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk. Contohnya, dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan dengan mengembangkan fasilitas kesehatan yang lengkap.
**Sensus Penduduk**
Sensus penduduk dilakukan untuk mengetahui perubahan jumlah penduduk dan memantau dinamika penduduk. Badan Pusat Statistik (BPS) adalah lembaga resmi yang rutin menggelar sensus penduduk Indonesia.
Ide Game Dinamika Penduduk
1. Simulasi Kota Mini
- Tujuan: Memahami konsep pertumbuhan penduduk, migrasi, dan dampaknya terhadap lingkungan dan sosial.
- Cara: Bagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok akan membangun kota mini menggunakan bahan-bahan sederhana (misal: kardus, tanah liat, dll). Mereka harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti kepadatan penduduk, fasilitas umum, dan lingkungan. Setelah kota mini selesai, siswa akan melakukan simulasi berbagai peristiwa seperti bencana alam, urbanisasi, atau pembangunan infrastruktur baru.
- Variasi: Anda bisa menambahkan elemen-elemen lain seperti ekonomi, politik, atau sosial budaya untuk membuat simulasi lebih kompleks.
2. Kartu Peristiwa
- Tujuan: Memahami berbagai faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk.
- Cara: Buatlah kartu-kartu yang berisi berbagai peristiwa seperti kelahiran, kematian, migrasi, bencana alam, kebijakan pemerintah, dan lain-lain. Setiap kartu memiliki nilai positif atau negatif terhadap pertumbuhan penduduk. Siswa secara bergiliran mengambil kartu dan menjelaskan dampak peristiwa tersebut terhadap dinamika penduduk.
- Variasi: Anda bisa membuat papan permainan dengan jalur yang berbeda, di mana setiap langkah dipengaruhi oleh kartu yang diambil.
3. Kuiz Interaktif
- Tujuan: Menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep dalam dinamika penduduk.
- Cara: Gunakan platform kuis online atau aplikasi presentasi untuk membuat kuis interaktif. Pertanyaan bisa berupa pilihan ganda, benar-salah, atau menjodohkan. Anda bisa menambahkan gambar, video, atau grafik untuk membuat kuis lebih menarik.
- Variasi: Buat kuiz dalam bentuk permainan seperti Kahoot atau Quizizz untuk menambah keseruan.
4. Role Playing
- Tujuan: Memahami perspektif berbagai kelompok masyarakat yang terpengaruh oleh dinamika penduduk.
- Cara: Bagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok akan berperan sebagai kelompok masyarakat tertentu (misal: petani, urban, pemerintah, LSM). Mereka akan berdiskusi dan berargumen tentang isu-isu terkait dinamika penduduk, seperti urbanisasi, kepadatan penduduk, atau kebijakan keluarga berencana.
- Variasi: Anda bisa memberikan skenario konflik atau tantangan yang harus diselesaikan oleh siswa.
5. Peta Konsep Interaktif
- Tujuan: Membantu siswa membangun pemahaman yang menyeluruh tentang konsep dinamika penduduk.
- Cara: Gunakan aplikasi atau website pembuat peta konsep untuk membuat peta konsep yang interaktif. Siswa dapat menambahkan konsep, definisi, dan hubungan antar konsep secara visual.
- Variasi: Anda bisa meminta siswa untuk membuat peta konsep individu atau kelompok, lalu mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
Tips Tambahan:
- Gunakan media yang menarik: Gunakan gambar, video, atau infografis untuk memperjelas materi.
- Libatkan siswa secara aktif: Berikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi, presentasi, dan aktivitas kelompok.
- Buat suasana belajar yang menyenangkan: Ciptakan suasana yang santai dan tidak tertekan agar siswa lebih antusias dalam belajar.
- Sesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa: Tingkat kesulitan game dapat disesuaikan dengan kemampuan siswa.
Contoh Pertanyaan untuk Memulai Diskusi:
- Apa yang dimaksud dengan dinamika penduduk?
- Apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk?
- Apa dampak positif dan negatif dari pertumbuhan penduduk yang cepat?
- Bagaimana cara mengatasi masalah kependudukan di Indonesia?
Evaluasi
Jelaskan apa yang dimaksud dengan dinamika penduduk! Sebutkan dan jelaskan tiga unsur utama yang memengaruhi dinamika penduduk!
Bedakan antara pertumbuhan penduduk alami dan pertumbuhan penduduk akibat migrasi! Berikan contoh masing-masing!
Sebuah desa mengalami penurunan jumlah penduduk yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Analisislah beberapa kemungkinan penyebab penurunan tersebut dan berikan solusi yang dapat dilakukan!
Indonesia sedang mengalami bonus demografi. Jelaskan apa yang dimaksud dengan bonus demografi dan apa saja peluang serta tantangan yang dihadapi Indonesia dalam menghadapi masa ini?
Jelaskan dampak positif dan negatif dari pertumbuhan penduduk yang tinggi terhadap suatu negara! Berikan contoh kasusnya!
Bagaimana kebijakan pemerintah terkait keluarga berencana dapat memengaruhi struktur penduduk suatu negara?
Bandingkan dinamika penduduk di negara maju dan negara berkembang. Apa saja faktor yang menyebabkan perbedaan tersebut?
Bagaimana perubahan iklim dapat memengaruhi dinamika penduduk, khususnya di daerah pesisir? Jelaskan!
Rancanglah sebuah program inovatif untuk mengatasi masalah kepadatan penduduk di kota besar. Jelaskan langkah-langkah pelaksanaannya dan manfaat yang diharapkan!
Bagaimana cara mengoptimalkan potensi sumber daya manusia di tengah bonus demografi yang sedang dialami Indonesia? Buatlah proposal program yang lengkap!
Resume
Pengertian dinamika penduduk adalah fenomena berubahnya jumlah penduduk di suatu wilayah, akibat faktor kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan orang (migrasi). Selama ini, pengamatan terhadap dinamika penduduk dilakukan melalui kegiatan sensus. Lembaga resmi yang rutin menggelar sensus penduduk Indonesia selama ini adalah Badan Pusat Statistik (BPS).
Berdasarkan data sensus dari BPS itu, sejumlah program untuk mengatasi permasalahan dinamika penduduk bisa direncanakan, seperti program KB, pemerataan pembangunan, transmigrasi, dan lain sebagainya.
Sumber
https://aprizal79.blogspot.com/
https://tirto.id/rangkuman-materi-ips-kelas-8-permasalahan-dinamika-penduduk-gE9r
https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/IPS-BS-KLS-VIII.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar