Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Rabu, 02 Februari 2022

Kelas VIII.F P4 Bab III PENILAIAN PENGETAHUAN TENTANG KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARRUANG PENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI, SOSIAL, BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN

 RABU, 2 Februari 2022

Kelas VIII F

JP.  1 

Penilaian (evaluasi)

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin, wa man tabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Selamat pagi anak-anakku  kelas VIII yang  cerdas

Bagaimana kabarnya hari ini? sehat semua yaa.. alhamdulillah..

In syaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, jangan lupa tadarus serta sholat dhuha yaa....! sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai...     

aamiin

Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

Sebelum kita mulai, marilah kita membaca doa terlebih dahulu.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari

Materi awal di semester Genap bagi kelas VIII 

Baiklah silakan baca dan kerjakan soal penilaian pengetahuan  berikut  berikut ini. ... .

 

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta  Peran Pelaku Ekonomi  dalam Suatu Perekonomian.

 

 KD

3.2 Menganalisis keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran    serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi,       sosial, dan budaya di Indonesia dan negara-negara ASEAN.

 

 TUJUAN PEMBELAJARAN

Memahami Permintaan dan Penawaran dengan penggunaan teknologi untuk pelaku ekonomi.

 

 1. Berikut ini adalah cakupan keunggulan yang dimiliki Indonesia, kecuali ....

A. teknologi
B. tanah
C. mineral
D. laut

2. Wilayah yang memiliki keunggulan atas produk tertentu menimbulkan ....

A. kelangkaan
B. penawaran
C. permintaan
D. penghematan

3. Orang atau lembaga yang melaksanakan aktivitas ekonomi disebut ....

A. motif ekonomi
B. prinsip ekonomi
C. pelaku ekonomi
D. tindakan ekonomi

4. Dalam suatu perekonomian terdapat empat (4) pelaku ekonomi yaitu ....

A. Rumah Tangga Konsumen (RTK), Rumah Tangga Produsen (RTP),   Pemerintah, dan Distributor

B. Perusahaan Terbatas (PT), Commanditaire Vennoostchap (CV), Firma (Fa),  dan Perusahaan Perseorangan

C. Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), dan Koperasi

D. Rumah Tangga Keluarga (RTK), Rumah Tangga Perusahaan (RTP), Rumah Tangga Negara (RTN), dan Masyarakat Luar Negeri (MLN)

5. Pemilik faktor produksi alam akan memperolah balas jasa berupa ....

A. interest
B. wage
C. rent
D. profit

6. Perhatikan diagram arus lingkar interaksi pelaku ekonomi dua sektor berikut!


Penawaran terhadap barang/jasa berlangsung pada nomor ....

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

7. Peran masyarakat luar negeri dalam perekonomian adalah ....

A. memberikan subsidi pupuk kepada petani
B. memungut pajak kepada konsumen dan produsen
C. melakukan aktivitas ekspor dan impor
D. membangun sarana dan prasarana penunjang perekonomian

8. Aktivitas pada gambar berikut merupakan bentuk ....

A. pasar input
B. pasar output
C. pasar uang
D. pasar komoditas


9. Perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu daerah dengan penduduk suatu daerah lain dalam satu batas negara atas dasar kesepakatan bersama disebut ....

A. perdagangan antarpulau
B. perdagangan antarnegara
C. perdagangan umum
D. perdagangan khusus

10. Berikut yang bukan merupakan tujuan perdagangan antarpulau adalah ....

A. memperoleh keuntungan
B. memperluas jangkauan pasar
C. menguasai pasar di daerah lain
D. menjalin hubungan kerjasama

11. Jumlah konsumen yang mengonsumsi barang semakin banyak dan tersebar di berbagai daerah merupakan salah satu tujuan perdagangan antardaerah yaitu ....

A. menjalin hubungan kerjasama
B. memperluas jangkauan pasar
C. menguasai pasar di daerah lain
D. memperoleh keuntungan

12. Daerah yang menghasilkan satu jenis barang tertentu lebih besar daripada yang dihasilkan daerah lainnya sehingga menimbulkan banyak permintaan merupakan salah satu pendorong terjadinya perdagangan antardaerah yaitu ....

A. perbedaan kondisi alam antardaerah
B. perbedaan tingkat harga antardaerah
C. perbedaan sosial budaya antardaerah
D. perbedaan faktor produksi yang dimiliki

13. Berikut ini adalah faktor yang mendorong perdagangan antardaerah, kecuali ....

A. perbedaan sejarah antardaerah
B. perbedaan faktor produksi yang dimiliki
C. perbedaan tingkat harga antardaerah
D. perbedaan budaya antardaerah

14. Manfaat yang dirasakan bagi konsumen dengan adanya perdagangan antardaerah adalah ....

A. meningkatkan produktivitas
B. meningkatkan keuntungan
C. berpeluang membuka unit usaha baru
D. mendapatkan alternatif alat pemuas kebutuhan

15. Aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh masyarakat suatu negara dengan masyarakat negara lain atas dasar kesepakatan bersama disebut....

A. perdagangan lokal
B. perdagangan regional
C. perdagangan internasional
D. perdagangan umum

16. Berikut adalah ruang lingkup perdagangan internasional, kecuali....

A. perpindahan komoditas
B. perpindahan tenaga kerja
C. perpindahan modal
D. perpindahan bantuan

17. Salah satu ruang lingkup perdagangan internasional adalah ....

A. perpindahan data
B. perpindahan kepercayaan
C. perpindahan komoditas
D. perpindahan bantuan

18. Perhatikan contoh kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor berikut ini!

1. festival olah raga
2. pelatihan inovasi produk
3. pameran perdagangan
4. pentas seni
5. perjanjian dagang
Yang termasuk ke dalam kebijakan meningkatkan promosi adalah ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 5
D. 3, 4, dan 5

19. Kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor agar produk memiliki daya saing adalah ....

A. memberi kemudahan kepada produsen barang ekspor
B. menjaga kestabilan nilai tukar rupiah
C. membuat perjanjian dagang internasional
D. meningkatkan promosi

20. Berikut ini yang bukan merupakan faktor pendorong kegiatan ekspor adalah ....

A. keadaan pasar luar negeri yang menguntungkan
B. kepekaan eksportir menangkap peluang pasar
C. kondisi ekonomi, sosial, dan politik suatu negara yang stabil
D. kekuatan importir dalam sebuah persaingan pasar


Referensi

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

MGMP ips bandarlampung

https://shmadyweb.blogspot.com/2019/02/penilaian-bab-keunggulan-keterbatasan.html


11 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Pak Terimakasih atas Tugasnya
Cahaya Ibramsyah 9G

Khalisa Putri mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Nama saya Khalisa Putri Mukhbita.
Dari kelas 8F || Kehadiran : 12.
Keterangan: Hadir.
Hari/Tanggal : Rabu, 02 Februari 2022
Terimakasih pak 😄🙏🏻.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum
Bagini arya fadila 8f
Hadir

Cia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Bagus Abdurasyid mengatakan...

Assalamu'alaikum
Nama: Bagus abdurasyid
Kelas: 8f

n.s mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
Nama: Nabila Sapitri
Kelas: 8F
Absen: 18
-terimakasih
2-2-2022

Kayla Assyfa mengatakan...

Assalamualaikum
Nama:Kayla Assyfa Listhon
Kelas:8F
Ket:Hadir
Terimakasih
Wassalamu'alaikum

Khalista Sheila L mengatakan...

Assalamualaikum Wr.Wb.
Saya Khalista Sheila Lathifah.
Dari kelas 8 F.
Hari/Tanggal: Rabu, 02 Februari 2022.
Keterangan: Hadir.
Terimakasih pak🙏🏻.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Cia mengatakan...

Assalamualaikum pak
Nama Bilal pratama
Kls8f
Ket Hadir
Terimakasih pak atas materinya 🙏

Arga aditya mengatakan...

Assalamualaikum
Nama : Arga aditya
Kelas 8F
Ket : hadir
Terimakasih
Wassalamualaikum

ALBHI ZAFARAN mengatakan...

Assalamualaikum
Nama : Albhi zafaran
Kelas 8F
Ket : hadir
Terimakasih
Wassalamualaikum