Welcome

<< Mulai dengan cerita yang menarik>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Jumat, 14 Maret 2025

Kisi Kisi LUS dan US IPS 2025

 Identitas


Mata Pelajaran

:

IPS

Kelas 

:

9 ABCD

Materi

:

Kisi Kisi LUS dan US IPS 2025

Pertemuan ke

:

1   dari  2

Guru Pengampu

:

Aprizal

Waktu Pembelajaran

:

Jumat 14  Maret  2025


KD

3.4  Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi


Tujuan Pembelajaran 

Melalui Pembelajaran Discovery Learning peserta didik diharapkan dapat :

MenganalisisKisi Kisi LUS dan US IPS 2025

  

Judul    :  

Kisi Kisi LUS dan US IPS 2025

 

Materi

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa.. alhamdulillah..


Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin.   Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. Aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari  Kisi Kisi LUS dan US IPS 2025. 


Disajikan gambar siswa mampu mendiskripsikan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang

1

Melalui pernyataan siswa mampu mendiskripsikan dampak letak Indonesia secara geografis 2

Disajikan gambar siswa mampu mendiskripsikan bentuk interaksi sosial 3

Melalui pernyataan siswa mampu menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial 4

Disajikan sebuah cerita, siswa mampu Mengaitkan penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. 5

Disajikan ilustrasi, siswa mampu menjelaskan proses terbentuknya harga pasar 6

Disajikan gambar siswa mampu mendiskripsikan periodesasi  secara arkeologi

7

Disajikan teks siswa mampu mengidentifikasi letak kerajaan islam 8

Melalui pernyataan  siswa mampu memahami berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara dalam  ASEAN 9

Melalui Pernyataan siswa mampu menjelaskan konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan) 10

Melalui pernyataan siswa mampu memahami dampak positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN 11

Melalui pernyataan siswa mampu mengidentifikasi  mobilitas sosial 12

Disajikan teks siswa mampu mengidentifikasi tentang budaya (kebudayaan yang dipengaruhi iklim) 13

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan upaya-upaya mencegah terjadinya konflik sosial 14

Melalui pernyataan siswa mampu mendiskripsikan peran pelaku ekonomi dalam perekonomian 15

Disajikan teks, siswa mampu menganalisis manfaat Lembaga keuangan 16

Disajikan data, siswa mampu menghitung nilai ekspor dan impor suatu negara berdasarkan data yang diberikan 17

Melalui pernyatan Siswa mampu mengidentifikasi latar belakang  kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia. 18

Disajikan teks siswa mampu mendiskripsikan perlawanan terhadap pemerintahan Hindia Belanda 19

Disajikan teks siswa mampu mengidentifikasi proses munculnya organisasi pergerakan dan tumbuhnya semangat kebangsaan 20

Disajikan teks siswa mampu mengidentifikasi letak dan luas Benua Asia dan Benua lainnya.

21

Disajikan peta siswa mampu mendiskripsikan batas antar benua 22

Melalui pernyataan siswa mampu mendiskripsikan fauna khas benua Australia 23

Berdasarkan data siswa mampu  mendiskripsikan kualitas HDI benua Asia 24

Disajikan teks siswa mampu mendiskripsikan budaya bidang fashion di Amerika 25

Melalui pernyataan siswa mampu mengidentifikasi suku bangsa di Eropa 26

Melalui ilustrasi siswa mampu mendeskripsikan bentuk distribusi potensi wilayah Benua Asia dan Benua lainnya 27

Melalui ilustrasi  siswa mampu menganalisis dampak interaksi antarruang terkait perdagangan dan mobilitas penduduk 28

Melalui ilustrasi siswa mampu menganalisis pengaruh interaksi antara desa dan kota 29

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan interaksi antarruang dalam bidang sosial 30

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan interaksi antarruang dalam bidang budaya 31

Melalui ilustrasi siswa mampu mengidentifikasi bentuk perubahan sosial budaya 32

Melalui pernyataan siswa mampu mendiskripsikan faktor-faktor penghambat perubahan sosial 33

Disajikan gambar siswa mampu menganalisis penyebab perubahan sosial 34

Disajikan Pernyataan siswa mampu menganalisis ciri-ciri globalisasi 35

Siswa mampu menghitung waktu perjalanan menggunakan alat transportasi modern 36

Siswa mampu mendiskripsikan bentuk globalisasi dalam bidang iptek 37

Disajikan Pernyataan siswa mampu mendiskripsikan dampak positif globalisasi 38

Disajikan Pernyataan siswa mampu mendiskripsikan dampak negatif globalisasi 39

Siswa mampu mendiskripsikan pengaruh kebudayaan lain yang menyebabkan perubahan sosial budaya 40

Siswa mampu mendiskripsikan upaya menghadapi globalisasi bidang transportasi 41

Siswa mampu mendiskripsikan upaya menghadapi globalisasi bidang budaya 42

Siswa mampu mendiskripsikan upaya  menghadapi dampak negatif globalisasi 43

Disajikan teks siswa mampu mengidentifikasi keunggulan yang dimiliki wilayah di Indonesia 44

Disajikan data pada table, siswa mampu menjelaskan pengertian dan faktor pendorong perdagangan internasional 45

Disajikan teks siswa mampu menganalisis upaya meningkatkan ekonomi kreatif 46

Siswa mampu menentukan persentase kenaikan PDB dari data pertumbuhan ekonomi 47

Disajikan teks siswa mampu mengidentifikasi tujuan kerja sama ekonomi antarnegara melalui teks 48

Siswa mampu mendeskripsikan dampak pertumbuhan ekonomi indonesia 49

Siswa mampu mengidentifikasi dampak adanya Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia) 50



Silakan download  Kisi kisi LUS dan US IPS kelas IX




Silakan download  Kisi kisi STS  kelas VIII

Terima kasih.

Tidak ada komentar: