Identitas
Mata Pelajaran | : | IPS |
Kelas | : | 9 ABCD |
Materi | : | Kisi Kisi LUS dan US IPS 2025 |
Pertemuan ke | : | 1 dari 2 |
Guru Pengampu | : | Aprizal |
Waktu Pembelajaran | : | Jumat 14 Maret 2025 |
KD
3.4 Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi
Tujuan Pembelajaran
Melalui Pembelajaran Discovery Learning peserta didik diharapkan dapat :
MenganalisisKisi Kisi LUS dan US IPS 2025
Judul :
Kisi Kisi LUS dan US IPS 2025
Materi
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa.. alhamdulillah..
Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin. Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. Aamiin
Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.
Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.
Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari Kisi Kisi LUS dan US IPS 2025.
• Disajikan gambar siswa mampu mendiskripsikan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang
1
• Melalui pernyataan siswa mampu mendiskripsikan dampak letak Indonesia secara geografis 2
• Disajikan gambar siswa mampu mendiskripsikan bentuk interaksi sosial 3
• Melalui pernyataan siswa mampu menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial 4
• Disajikan sebuah cerita, siswa mampu Mengaitkan penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. 5
• Disajikan ilustrasi, siswa mampu menjelaskan proses terbentuknya harga pasar 6
• Disajikan gambar siswa mampu mendiskripsikan periodesasi secara arkeologi
7
• Disajikan teks siswa mampu mengidentifikasi letak kerajaan islam 8
• Melalui pernyataan siswa mampu memahami berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara dalam ASEAN 9
• Melalui Pernyataan siswa mampu menjelaskan konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan) 10
• Melalui pernyataan siswa mampu memahami dampak positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN 11
• Melalui pernyataan siswa mampu mengidentifikasi mobilitas sosial 12
• Disajikan teks siswa mampu mengidentifikasi tentang budaya (kebudayaan yang dipengaruhi iklim) 13
• Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan upaya-upaya mencegah terjadinya konflik sosial 14
• Melalui pernyataan siswa mampu mendiskripsikan peran pelaku ekonomi dalam perekonomian 15
• Disajikan teks, siswa mampu menganalisis manfaat Lembaga keuangan 16
• Disajikan data, siswa mampu menghitung nilai ekspor dan impor suatu negara berdasarkan data yang diberikan 17
• Melalui pernyatan Siswa mampu mengidentifikasi latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia. 18
• Disajikan teks siswa mampu mendiskripsikan perlawanan terhadap pemerintahan Hindia Belanda 19
• Disajikan teks siswa mampu mengidentifikasi proses munculnya organisasi pergerakan dan tumbuhnya semangat kebangsaan 20
• Disajikan teks siswa mampu mengidentifikasi letak dan luas Benua Asia dan Benua lainnya.
21
• Disajikan peta siswa mampu mendiskripsikan batas antar benua 22
• Melalui pernyataan siswa mampu mendiskripsikan fauna khas benua Australia 23
• Berdasarkan data siswa mampu mendiskripsikan kualitas HDI benua Asia 24
• Disajikan teks siswa mampu mendiskripsikan budaya bidang fashion di Amerika 25
• Melalui pernyataan siswa mampu mengidentifikasi suku bangsa di Eropa 26
• Melalui ilustrasi siswa mampu mendeskripsikan bentuk distribusi potensi wilayah Benua Asia dan Benua lainnya 27
• Melalui ilustrasi siswa mampu menganalisis dampak interaksi antarruang terkait perdagangan dan mobilitas penduduk 28
• Melalui ilustrasi siswa mampu menganalisis pengaruh interaksi antara desa dan kota 29
• Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan interaksi antarruang dalam bidang sosial 30
• Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan interaksi antarruang dalam bidang budaya 31
• Melalui ilustrasi siswa mampu mengidentifikasi bentuk perubahan sosial budaya 32
• Melalui pernyataan siswa mampu mendiskripsikan faktor-faktor penghambat perubahan sosial 33
• Disajikan gambar siswa mampu menganalisis penyebab perubahan sosial 34
• Disajikan Pernyataan siswa mampu menganalisis ciri-ciri globalisasi 35
• Siswa mampu menghitung waktu perjalanan menggunakan alat transportasi modern 36
• Siswa mampu mendiskripsikan bentuk globalisasi dalam bidang iptek 37
• Disajikan Pernyataan siswa mampu mendiskripsikan dampak positif globalisasi 38
• Disajikan Pernyataan siswa mampu mendiskripsikan dampak negatif globalisasi 39
• Siswa mampu mendiskripsikan pengaruh kebudayaan lain yang menyebabkan perubahan sosial budaya 40
• Siswa mampu mendiskripsikan upaya menghadapi globalisasi bidang transportasi 41
• Siswa mampu mendiskripsikan upaya menghadapi globalisasi bidang budaya 42
• Siswa mampu mendiskripsikan upaya menghadapi dampak negatif globalisasi 43
• Disajikan teks siswa mampu mengidentifikasi keunggulan yang dimiliki wilayah di Indonesia 44
• Disajikan data pada table, siswa mampu menjelaskan pengertian dan faktor pendorong perdagangan internasional 45
• Disajikan teks siswa mampu menganalisis upaya meningkatkan ekonomi kreatif 46
• Siswa mampu menentukan persentase kenaikan PDB dari data pertumbuhan ekonomi 47
• Disajikan teks siswa mampu mengidentifikasi tujuan kerja sama ekonomi antarnegara melalui teks 48
• Siswa mampu mendeskripsikan dampak pertumbuhan ekonomi indonesia 49
• Siswa mampu mengidentifikasi dampak adanya Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia) 50
Tidak ada komentar:
Posting Komentar