Eksplorasi Konsep - Pendidikan yang Memerdekakan - 1
Durasi: 2 JP
Moda: Asinkron
Tujuan Sesi:
1.
Mengidentifikasi nilai dan prinsip yang diyakini
tentang Pendidikan Yang Memerdekakan
2.
Menyelaraskan nilai diri dan prinsip diri dengan
prinsip Pendidikan yang Memerdekakan sesuai filosofi Ki Hajar Dewantara
3.
Memperluas referensi dan pengetahuan terkait
prinsip Pendidikan yang Memerdekakan yang berpihak pada murid dari Ki Hajar
Dewantara dan pemikir lainnya.
4.
Memahami profil Pelajar Pancasila sebagai tujuan
transformasi pendidikan yang berpihak pada murid
Eksplorasi Konsep - Menggali Pemikiran Tokoh - 2
Pada kegiatan
ini, Anda diminta untuk mencari tahu dan mempelajari secara mandiri Prinsip
Pendidikan yang Memerdekakan. Beberapa referensi yang perlu dicari tahu adalah
sebagai berikut:
·
Pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengenai konsep
Pendidikan yang Memerdekakan mencakup kemandirian, kemerdekaan, kodrat alam,
kodrat zaman, asas trikon, budi pekerti, dan patrap triloka.
·
Pemikiran dan praktik belajar mandiri menurut Maria
Montessori, Friedrich Fröbel, Rabindranath Tagore sebagai referensi pemikiran
KHD
·
Referensi lain (referensi pribadi atau referensi
yang baru ditemukan) yang dianggap selaras dengan prinsip Pendidikan yang
Memerdekakan.
Anda dapat
mencari tahu dan menggali topik-topik tersebut lewat media (internet, buku yang
dimiliki, dll.) yang beragam. CPP dapat menggunakan media yang
memungkinkan untuk diakses serta sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.
Selain itu, untuk membantu Anda lebih memahami konsep Pendidikan yang
Memerdekakan sesuai filosofi dan pemikiran Ki Hajar Dewantara yang
menjadi landasan transformasi pendidikan, Anda diminta mengakses dan
mempelajari sumber informasi yang tertera di halaman selanjutnya. Setelah
itu, Anda diminta untuk menuliskan hasil belajar Anda.
Eksplorasi Konsep - Pendidikan
Zaman Kolonial - 3
https://lms.guru.kemdikbud.go.id/courses/33167/pages/eksplorasi-konsep-pendidikan-zaman-kolonial-3
Kerangka Pemikiran Ki
Hadjar Dewantara - 4
Dasar-dasar Pendidikan
- 5
Metode Montessori,
Fröbel dan Taman Anak - 6
Filsafat Pendidikan,
Pengajaran, dan Kebudayaan oleh Iwan Syahril - 7
Profile Pelajar
Pancasila - 8
Pendidikan yang
Memerdekakan - 9
Setelah
selesai mempelajari referensi-referensi, langkah selanjutnya yang harus
dilakukan adalah:
·
merangkum hasil belajar
mandiri
·
memaparkan poin-poin
pemikiran yang diyakini menjadi temuan berpengaruh dan penting terhadap
pemahaman CPP mengenai tujuan transformasi pendidikan berlandaskan filosofi KHD
·
merangkum hasil belajar dan
refleksi dalam sebuah tulisan di LMS.
Anda akan
meramu hasil belajar pada kegiatan selanjutnya Eksplorasi
Konsep - Meramu Hasil Belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar