Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Selasa, 04 Juni 2024

Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata

 

Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata

Menghubungkan pemahaman tentang refleksi dan umpan balik, dan menyusun rencana penerapan refleksi dan umpan balik saat lokakarya dan pendampingan individu CGP.

1.    Calon Pengajar Praktik menjawab pertanyaan di LMS.

2.    Calon Pengajar Praktik mengisi template rencana aksi dalam bentuk esai di LMS.

 

1.    Mengapa Anda memilih untuk menjadi Pengajar Praktik di program Pendidikan Guru Penggerak?

Your answer:

Saya memilih menajadi PP adalah :

saya memiliki kecintaan terhadap berbagai ilmu dan pengetahuan dari berbagi pelatihan, serta saya berkessempatan untuk membagi pengetahuan dan pengalaman yang telah saya dapat sejak menjadi guru.

2.    Sebagai Pengajar Praktik, apa yang ingin Anda capai dalam program Pendidikan Guru Penggerak?

Your answer:

Sebagai PP yang ingin saya capai adalah  

 

ü  memberikan pengalaman belajar yang lebih berkualitas

ü  menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan

ü  meningkatkan kemampuan siswa sesuai dengan kodrat dan garis samar yang telah dibwanya sejak lahir

ü  menciptakan calon lulusan yang siap berkompetensi dalam dunia kerja.

 

 


3.  Apakah program Pendidikan Guru Penggerak sudah selaras dengan visi Anda? Mengapa?

Your answer:

sebagai GP, tentunya program ini sangat selaras dengan visi saya. Seperti program ini memberikan dukungan kuat terhadap pengembangan profesional guru, selain itu GP mendapatkan pelatihan yang intensif, mendapat akses ke sumber daya pendidikan terbaru dan dapat berkolaborasi dengan rekan. Dan juga program ini lebih mendekatkan pada pendidikan dengan masyarakat seperti pelibatan orang tua dalam pendidikan dan komunitas pembelajaran.


4. Apa yang terjadi ketika Anda menuliskan refleksi secara mandiri di hari ke 2 s.d hari ke 4? (refleksi)

Your answer:

pada hari ke 2 saya medapatkan pembelajaran yang bermakna dan berarti dari perbandingan refeksi kami. Saya dapat menggali dan menemukan berbagai manfaat dari praktik memberi dan menerima umpan balik bersama. Hal ini sangat membuka wawasan saya dan menjadi sangat berharga bagi saya . di hari ke 4, saya merasa mampu berlatih dalam meberi dan menerima umpan balik secara berkelompok maupun individu melalui kegiatan virtual. 

5     Apa yang Anda rasakan saat menuliskan refleksi secara mandiri di hari ke 2 s.d. hari ke 4?

Your answer:

Saya sangat senang dan  dapat melihat perubahan dalam diri saya yang terjadi seiring berjalannya waktu. Ini memberi saya keyakinan bahwa proses ini memang memberikan dampak positif pada kemampuan mengajar serta pertumbuhan pribadi saya sebagai calon pengajar praktik. Saya juga merasa semakin siap untuk menghadapi tantangan yang mungkin timbul di lapangan nanti.

1.    Apakah refleksi yang sudah ditulis muncul dari kebermaknaan terhadap hasil pembelajaran? Mengapa?

Your answer:

Refleksi yang saya tulis tersebut didapat  dari kebermaknaan terhadap hasil pembelajaran. Tentu  karena proses tersebut membuat saya ingin menggali kembali pemahaman yang lebih dalam tentang materi yang dipelajari. Melalui refleksi, saya dapat memahami sejauh mana pemahaman saya terhadap konsep-konsep yang diajarkan, melihat apa saja kelemahamn saya yang perlu ditingkatkan, serta merenungkan pengalaman belajar secara keseluruhan. Dan juga dapat saya hubungkan pengalaman belajar saya baik itu emosi sosial, pemikiran, dan pengalaman pribadi dalam kemajuan proses pembelajaran nanti.

2.    Dalam satu paragraf, ceritakan pengalaman Anda yang paling berkesan ketika memberikan atau menerima umpan balik dari rekan sejawat atau pimpinan sekolah. Bagaimana perasaan Anda sewaktu memberikan atau menerima umpan balik tersebut?

Your answer:

Tahun 2023 saya berhasil menyelesaikan program CGP Angkatan 7. hal ini merupakan pencapaian besar bagi saya dan rasa gembira karena tidak semua guru dapat lulus dan mau engikuti program ini, karena mereka tidak tahu akan manfaat yang akan didapat. Dalam Program ini saya dihadapkan dalam dua tantanga, sebagi CGP dan pula sebagai Wali kelas, namun saya dapat melalui dengan berkolaborasi dan berkomunikasi dengan pengambil kebijakan disekolah. Yang paling berkesan ketika memberikan atau menerima umpan balik dari rekan sejawat atau pimpinan sekolah adalah mereka mendukung dan mensuport untuk kemajuan sekolah dan masa depan sekolah kami, terutama saat kami mendapat jadwal akreditasi, saya yang ditugaskan untuk menjawab pewawancara dari asesor tersebut merasa santat senang dan mendapatkan hal yang dinginkan. 

3.    Berdasarkan pengalaman Anda dalam memberi dan menerima umpan balik, menurut Anda apa yang dimaksud dengan umpan balik?

Your answer:

Umpan balik merupakan proses dalam meberikan informasi atau respon baik secara tertulis maupun lisan. Umpan balik juga merupakan informasi yang diterima sebagai respon terhadap tindakan yang dilakukan. Pemberian Umpan balik tentu sangat penting guna mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada dalam diri kita.  Umpan balik ini tentu dapat digunakan dalam berbagai bidang ilmu, seperti pendidikan, IT, sosial dan budaya maupun kesehatan.

Tidak ada komentar: