Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata
Menghubungkan
pemahaman tentang refleksi dan umpan balik, dan menyusun rencana penerapan
refleksi dan umpan balik saat lokakarya dan pendampingan individu CGP.
1.
Calon Pengajar Praktik
menjawab pertanyaan di LMS.
2.
Calon Pengajar Praktik
mengisi template rencana aksi dalam bentuk esai di LMS.
1.
Mengapa Anda memilih untuk menjadi Pengajar Praktik di program
Pendidikan Guru Penggerak?
Your answer:
Saya memilih menajadi PP adalah :
saya memiliki kecintaan terhadap berbagai ilmu dan pengetahuan dari
berbagi pelatihan, serta saya berkessempatan untuk membagi pengetahuan dan
pengalaman yang telah saya dapat sejak menjadi guru.
2.
Sebagai Pengajar Praktik, apa yang ingin Anda capai dalam program
Pendidikan Guru Penggerak?
Your answer:
Sebagai PP yang ingin saya capai adalah
ü
memberikan pengalaman
belajar yang lebih berkualitas
ü
menciptakan suasana belajar
yang nyaman dan menyenangkan
ü
meningkatkan kemampuan
siswa sesuai dengan kodrat dan garis samar yang telah dibwanya sejak lahir
ü
menciptakan calon lulusan
yang siap berkompetensi dalam dunia kerja.
3. Apakah program Pendidikan Guru
Penggerak sudah selaras dengan visi Anda? Mengapa?
Your answer:
sebagai GP, tentunya program ini sangat selaras dengan visi saya.
Seperti program ini memberikan dukungan kuat terhadap pengembangan profesional
guru, selain itu GP mendapatkan pelatihan yang intensif, mendapat akses ke
sumber daya pendidikan terbaru dan dapat berkolaborasi dengan rekan. Dan juga
program ini lebih mendekatkan pada pendidikan dengan masyarakat seperti
pelibatan orang tua dalam pendidikan dan komunitas pembelajaran.
4. Apa yang terjadi ketika Anda menuliskan refleksi secara mandiri di
hari ke 2 s.d hari ke 4? (refleksi)
Your answer:
pada hari ke 2 saya medapatkan pembelajaran yang bermakna dan berarti
dari perbandingan refeksi kami. Saya dapat menggali dan menemukan berbagai
manfaat dari praktik memberi dan menerima umpan balik bersama. Hal ini sangat
membuka wawasan saya dan menjadi sangat berharga bagi saya . di hari ke 4,
saya merasa mampu berlatih dalam meberi dan menerima umpan balik secara
berkelompok maupun individu melalui kegiatan virtual.
5
Apa yang Anda rasakan saat menuliskan refleksi secara mandiri di hari ke
2 s.d. hari ke 4?
Your answer:
Saya sangat senang dan dapat melihat perubahan dalam diri saya
yang terjadi seiring berjalannya waktu. Ini memberi saya keyakinan bahwa proses
ini memang memberikan dampak positif pada kemampuan mengajar serta pertumbuhan
pribadi saya sebagai calon pengajar praktik. Saya juga merasa semakin siap
untuk menghadapi tantangan yang mungkin timbul di lapangan nanti.
1.
Apakah refleksi yang sudah ditulis muncul dari kebermaknaan terhadap
hasil pembelajaran? Mengapa?
Your answer:
Refleksi yang saya tulis tersebut didapat dari kebermaknaan
terhadap hasil pembelajaran. Tentu karena proses tersebut membuat saya
ingin menggali kembali pemahaman yang lebih dalam tentang materi yang
dipelajari. Melalui refleksi, saya dapat memahami sejauh mana pemahaman saya
terhadap konsep-konsep yang diajarkan, melihat apa saja kelemahamn saya yang
perlu ditingkatkan, serta merenungkan pengalaman belajar secara keseluruhan.
Dan juga dapat saya hubungkan pengalaman belajar saya baik itu emosi sosial, pemikiran,
dan pengalaman pribadi dalam kemajuan proses pembelajaran nanti.
2.
Dalam satu paragraf, ceritakan pengalaman Anda yang paling berkesan
ketika memberikan atau menerima umpan balik dari rekan sejawat atau pimpinan
sekolah. Bagaimana perasaan Anda sewaktu memberikan atau menerima umpan balik
tersebut?
Your answer:
Tahun 2023 saya berhasil menyelesaikan program CGP Angkatan 7. hal ini
merupakan pencapaian besar bagi saya dan rasa gembira karena tidak semua guru
dapat lulus dan mau engikuti program ini, karena mereka tidak tahu akan manfaat
yang akan didapat. Dalam Program ini saya dihadapkan dalam dua tantanga, sebagi
CGP dan pula sebagai Wali kelas, namun saya dapat melalui dengan berkolaborasi
dan berkomunikasi dengan pengambil kebijakan disekolah. Yang paling berkesan
ketika memberikan atau menerima umpan balik dari rekan sejawat atau pimpinan
sekolah adalah mereka mendukung dan mensuport untuk kemajuan sekolah dan masa
depan sekolah kami, terutama saat kami mendapat jadwal akreditasi, saya yang
ditugaskan untuk menjawab pewawancara dari asesor tersebut merasa santat senang
dan mendapatkan hal yang dinginkan.
3.
Berdasarkan pengalaman Anda dalam memberi dan menerima umpan balik,
menurut Anda apa yang dimaksud dengan umpan balik?
Your answer:
Umpan balik merupakan proses dalam meberikan informasi atau respon baik
secara tertulis maupun lisan. Umpan balik juga merupakan informasi yang
diterima sebagai respon terhadap tindakan yang dilakukan. Pemberian Umpan balik
tentu sangat penting guna mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada dalam diri
kita. Umpan balik ini tentu dapat digunakan dalam berbagai bidang ilmu,
seperti pendidikan, IT, sosial dan budaya maupun kesehatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar