Hari ke 3 jam 13.00 – 15.00 wib
Sabtu, 20 April 2024
Paradigma dan Visi Guru Penggerak
Fasilitator
: Eddy S
Penyelarasan
Konsep Modul 1.3 dan 1.4 - Instruktur
Penyelarasan Konsep Modul 1.3
1.
Impian saya
adalah Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mandiri dan kreatif melalui
gerakan literasi buku cinta di sekolah (gelis bucin di sekolah). Saya
mengimajinasikan sosok siswa impian yang selama ini tidak terpikirkan, saya
tersadar bahwa seharusnya seorang guru harus memiliki impiam indah tentang
siswanya di masa depan dan memotivasi diri untuk mewujudkannya.
2. Aprizal Visi seornang guru yang ada dalam video
tersebut adalah membangun mindset pola pikir si anak untuk menumbuhkembangkan
minat bakat dan kodrat si anak sesuai dengan kemampuan anak untuk menjadi
diirinya sendiri, sehingga mampu melakukan perubahan yang kecil berdampak
positif bagi banyak orang
3.
Hubungan antara Visi,
prakarsa perubahan dan metode Bagja adalah mewujudkan tranformasi pendidikan
dengan mengedepankan kebutuhan siswa, dalam proses penyusunannya pun
disesuaikan dengan tahapan tahapan BAgja dan kondisi lingkungan sekolah serta
aset yang ada.
4.
Menggali informasi
tentang prakarsa perubahan yang akan di lakukan oleh CGP memiliki dampak
perubahan yang berpihak pada murid yang mengedepankan kebutuhan murid sesuai
dengan garis samar yang ada pada diri pribadi masing2 murid tersebut, serta
memastikan program prakarsa perubahan tersebut berjalan sesuai dengan rancana
yang telah dibuat, seperti berkordinasi dengan dengan pemangku kebijakan di
sekolah dan dukungan rekan rekan guru.
5.
Sianak awalnya melihat
adalah kemacetan, kemudian dia berfikir bagaimana si anak dapat menguraikan
pertanyaa, pertama ohh banyak orang di jalan ini kemudian dia mulai turun dari
bis dan melihat kanan kiri dan maju kedepan dengan menggunakan aset yang ada
pada dirinya untuk dapat di gunakan dalam mengatasi masalah tersebut.
6.
Appreciative Inquiry merupakan pendekatan dalam manajemen perubahan yang
berfokus pada pencarian nilai-nilai positif dalam tranformasi pendidikan atau
sekolah untuk memunculkan perubahan yang berkelanjutan. Pendekatan ini
bertujuan untuk memahami apa yang telah berhasil dalam masa lalu dan bagaimana
hal itu dapat digunakan sebagai landasan untuk perubahan positif dalam
tranformasi pendidikan di masa depan.
7.
Perubahan di kelas yang selaras dan mengacu pada visi sekolah. Jadi
seorang CGP tidak serta merta mengubah visi tersebut, tetapi apa yang akan
diubah dalam kelasnya dan visi pribadinya yang selaras dengan visi sekolah.
Tentunya dalam pengembangan visi sekolah harus ada nya penyampain visi dari
masing2 GP dan sekolah hingga dapat mengacu dan mengubah mindsetnya dalam aksi
nyatanya di kelas. Perlu diingat CGP tidak mengubah visi sekolah
tetapi visi pribadi yang sesuai visi
sekolah.
8.
BAGJA bukan untuk
membuat visi, tetapi visi dikembangakan
menggunakan BAGJA. Visi yang dikembangkan sesuai dengan visi CGP yang sesuai
dengan visi sekolah nya. Alurnya Visi –
Prakarsa Perubahan – BAGJA. Jadi perumusan visi
melalui prakarsa perubahan.
Sebagai PP ibarat driver (PP) yang akan mengantar penumpang (CGP)
ke tujuan, bukan menentukan tujuan bagi penumpangnya.
Penyelarasan
Konsep Modul 1.4
1. Guru
yang bersahabat bukan guru teman murid.
·
Disiplin positif adalah proses
pendisiplinan terhadap anak tanpa memberikan ancaman atau memberikan hukuman.
Dengan menerapkan disiplin positif, guru dapat meningkatkan kesadaran siswa
dalam membentuk karakter yang positif. Dalam penerapannya, disiplin
positif dapat dibuat untuk dimodelkan agar ditiru melalui kesepakatan antara guru dengan siswa
karena guru ingin membuat siswa terlibat dan bertanggung jawab dalam
menjalankan disiplin tersebut. Selain itu dengan t
mengembangkan pendidikan karakter siswa sehingga terwujud budaya
positif di satuan pendidikan sebagi rule modelnya.
2. Implementasi
disiplin positif yang sudah saya terapkan
disekolah adalah menanamkan budaya jujur, keyakinan kelas, menuliss
refleksi oleh siswa untuk rencana kedepan dalam kegiatan pembelajaran serta
emoticon mereka dalam mengikuti pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar