Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Senin, 03 Juni 2024

Modul 5. Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik

 

Modul 5. Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik

Pengantar Materi Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik - 1

Kompetensi Acuan

1.    Menunjukkan kesiapan diri dalam menjalankan peran sebagai Pengajar Praktik yang berorientasi masa depan.

2.    Menunjukkan kemampuan refleksi diri yang terdokumentasi sebagai sarana pengembangan diri dan peningkatan kualitas proses belajar.

3.    Menciptakan lingkungan yang memberdayakan Calon Guru Penggerak secara aktif melalui pendekatan reflektif, setara dan kolaboratif dalam pendampingan berdasarkan kebutuhan Calon Guru Penggerak.

Pengantar Materi Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik - 2

Indikator Kompetensi Acuan

Kompetensi acuan 1

1.    Calon pengajar Praktik mampu merefleksikan tujuan dan alasan memilih peran sebagai Pengajar Praktik dalam mendampingi Calon Guru Penggerak.

2.    Calon Pengajar Praktik mampu menyelaraskan visi dan mengkontekstualkan perannya dengan menetapkan tujuan, menyusun strategi dan menentukan langkah-langkah untuk mencapainya.

3.    Calon Pengajar Praktik mampu mendokumentasikan proses pencapaian tujuan.

 

Kompetensi Acuan 2

1.    Calon Pengajar Praktik memiliki kemampuan refleksi diri secara kritis dan bermakna, serta mendokumentasikan refleksi diri sebagai sebagai sarana pengembangan diri dan peningkatan kualitas proses belajarnya.

2.    Calon Pengajar Praktik memfasilitasi dan memampukan Calon Guru Penggerak melakukan refleksi yang bermakna dan mendokumentasikannya, untuk perbaikan kinerja dan kualitas proses belajar Calon Guru Penggerak.

 

Kompetensi Acuan 3

1.    Calon Pengajar Praktik menerapkan model EPIK sebagai pondasi dalam memberikan umpan balik.

2.    Calon Pengajar Praktik memiliki kemampuan memberikan umpan balik yang memberdayakan Calon Guru Penggerak.

3.    Calon Pengajar Praktik memanfaatkan umpan balik untuk memampukan Calon Guru Penggerak melakukan evaluasi diri dan peningkatan kinerja di masa depan.

4.    Calon Pengajar Praktik melakukan pendampingan kepada Calon Guru Penggerak melalui kemampuan refleksi dan memberikan umpan balik.

Pengantar Materi Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik - 3

Topik Pembelajaran Modul

A. Penentuan Tujuan

1.     

1.    Menetapkan tujuan adalah proses yang berharga karena membantu diri kita sendiri memikirkan masa depan, memberi kita kesempatan untuk merenungkan nilai-nilai yang kita yakini, dan membantu menemukan peran apa yang benar-benar sesuai bagi kita. 

2.    Menetapkan tujuan juga memungkinkan kita untuk merekonstruksi realitas, yaitu memberi kita kesempatan untuk merefleksikan situasi saat ini secara rasional, dan mendorong kita untuk terus bergerak. 

3.    Calon Pengajar Praktik perlu menetapkan dan atau merefleksikan tujuannya untuk mengoptimalisasi perannya sebagai pendamping Calon Guru Penggerak

4.    Untuk membantu proses pencapaian tujuan, Calon Pengajar Praktik akan menggunakan alat bantu Lingkaran Emas Pribadi (Golden Circle).

5.    Lingkaran Emas Pribadi adalah dokumen hidup sehingga di masa depan Calon Pengajar Praktik dapat mengevaluasi dan merevisi agar terus relevan dan kontekstual dengan tujuan.

 

B. Refleksi

1.     

1.    Refleksi merupakan proses yang dilakukan individu untuk mengobservasi apa yang dipikirkan dan dirasakan

2.    Ada berbagai macam model untuk melakukan refleksi, beberapa metode yang dapat digunakan adalah:

1.    Segitiga Refleksi

2.    Deal

3.    Empat P (4P)

4.    Reflective Storyboard 

5.    Teknik 6 Topi

6.    Empat C (4C)

7.    Model FSB

8.    Model Cuaca

 

C. Umpan Balik

1.     

1.    Dalam proses belajar, seseorang membutuhkan dukungan yang bertujuan untuk membantu evaluasi diri (self-evaluation). Dukungan ini sangat erat kaitannya dengan umpan balik. 

2.    Umpan balik memungkinkan seseorang untuk melihat zona buta (blind spot) dan juga untuk membantu seseorang dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap atau tindakan yang relevan dengan tujuannya.

3.    Umpan balik dapat dimanfaatkan untuk perbaikan dan meningkatkan kualitas diri. Memberi dan menerima umpan balik adalah salah satu keterampilan penting dalam pekerjaan dan kehidupan. Dalam lingkungan profesional, umpan balik adalah aspek kunci dari setiap pekerjaan kolaboratif. 

4.    Calon Pengajar Praktik akan diperkenalkan dengan Model Umpan Balik EPIK (Empati, Posisi, Intensi dan Kualitas) sebagai pondasi untuk melihat kebutuhan penerima umpan balik, dalam rangka memberikan umpan balik yang berkualitas dan memberdayakan.

5.    Dengan memberikan serta mengelola umpan balik dalam lingkungan diskusi yang sehat, individu-individu akan mampu berkembang dengan lebih cepat dan lebih adaptif.

Pengantar Materi Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik -4

Pemahaman Bermakna

Pengajar Praktik mendorong terjadinya perubahan bersama-sama Calon Guru Penggerak dengan melakukan evaluasi diri serta melakukan pengembangan dan pemberdayaan diri melalui penetapan tujuan, refleksi dan umpan balik yang bermakna dan berkualitas.

Pengantar Materi Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik -5

Produk yang Dihasilkan

1.    Dokumen Lingkaran Emas Pribadi

2.    Dokumen refleksi harian

Pengantar Materi Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik -6

Mulai Dari Diri

Melakukan refleksi diri mengenai apa yang ingin dicapai dalam program PGP, pengalaman melakukan refleksi, dan pengalaman memberi atau menerima umpan balik terutama dalam pembelajaran pada hari ke-1 sd hari ke-5

1.    Calon pengajar Praktik menjawab pertanyaan di LMS.

2.    Calon Pengajar Praktik mengunduh template Lingkaran Emas Pribadi

3.    Membaca materi mengenai penentuan tujuan, refleksi dan umpan balik.

Eksplorasi Konsep

Setelah menjawab pertanyaan dan membaca materi tentang penetapan tujuan, refleksi dan umpan balik di LMS pada alur Mulai Dari Diri, Calon Pengajar Praktik mendapatkan pemahaman dan kesadaran mengenai pentingnya menetapkan tujuan, dan melakukan refleksi yang bermakna

1.    Pengisian template Lingkaran Emas Pribadi Pribadi: Why-How-What.

2.    Melakukan reviu terhadap model refleksi yang sudah diisi dan mendapatkan penguatan terhadap “kebermaknaan” dan pengembangan diri.

Ruang Kolaborasi

Setelah membagikan pengalaman dan membaca materi tentang umpan balik pada alur Mulai Dari Diri, Calon Pengajar Praktik memahami bagaimana umpan balik yang positif dan memberdayakan.

1.    Calon Pengajar Praktik berbagi pengalaman dalam memberi dan menerima umpan balik

2.    Calon Pengajar Praktik memahami umpan balik model EPIK dan menerapkannya pada hari berikutnya.

Demonstrasi Kontekstual

Setelah penguatan pemahaman dan kesadaran mengenai tujuan, refleksi dan umpan balik, Calon Pengajar Praktik mendemonstrasikan pemahamannya.

1.    Calon Pengajar Praktik mengisi refleksi harian, dimulai dari hari ke-6 hingga hari ke-12.

2.    Calon Pengajar Praktik melakukan praktik memberi/menerima umpan balik pada hari-hari selanjutnya.

Elaborasi Pemahaman

Calon Pengajar Praktik merefleksikan kembali tujuan dan memaknai refleksi yang sudah mereka isi, berbagi pengalaman saat praktik memberi/menerima umpan balik, lalu mengaitkan konteks lokakarya dan pendampingan individu CGP.

1.    Reviu Lingkaran Emas Pribadi Pribadi

2.    Membandingkan refleksi yang sudah diisi di hari ke-2 s.d hari ke-4 dengan hari ke-5 s.d hari ke-11

3.    Mendapatkan pembelajaran bermakna dari dua perbandingan hasil pengisian refleksi.

4.    Menggali dan menemukan manfaat dari praktik memberi dan menerima umpan balik.

5.    Berlatih memberi dan menerima umpan balik secara berkelompok

Tidak ada komentar: