Modul 5. Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik
Pengantar
Materi Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik - 1
Kompetensi Acuan
1.
Menunjukkan kesiapan diri
dalam menjalankan peran sebagai Pengajar Praktik yang berorientasi masa depan.
2.
Menunjukkan kemampuan
refleksi diri yang terdokumentasi sebagai sarana pengembangan diri dan
peningkatan kualitas proses belajar.
3.
Menciptakan lingkungan yang
memberdayakan Calon Guru Penggerak secara aktif melalui pendekatan reflektif,
setara dan kolaboratif dalam pendampingan berdasarkan kebutuhan Calon Guru
Penggerak.
Pengantar
Materi Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik - 2
Indikator Kompetensi Acuan
Kompetensi acuan 1
1.
Calon
pengajar Praktik mampu merefleksikan tujuan dan alasan memilih peran sebagai
Pengajar Praktik dalam mendampingi Calon Guru Penggerak.
2.
Calon
Pengajar Praktik mampu menyelaraskan visi dan mengkontekstualkan perannya
dengan menetapkan tujuan, menyusun strategi dan menentukan langkah-langkah
untuk mencapainya.
3.
Calon Pengajar
Praktik mampu mendokumentasikan proses pencapaian tujuan.
Kompetensi Acuan 2
1.
Calon
Pengajar Praktik memiliki kemampuan refleksi diri secara kritis dan bermakna,
serta mendokumentasikan refleksi diri sebagai sebagai sarana pengembangan diri
dan peningkatan kualitas proses belajarnya.
2.
Calon
Pengajar Praktik memfasilitasi dan memampukan Calon Guru Penggerak melakukan
refleksi yang bermakna dan mendokumentasikannya, untuk perbaikan kinerja dan
kualitas proses belajar Calon Guru Penggerak.
Kompetensi Acuan 3
1.
Calon
Pengajar Praktik menerapkan model EPIK sebagai pondasi dalam memberikan umpan
balik.
2.
Calon
Pengajar Praktik memiliki kemampuan memberikan umpan balik yang memberdayakan
Calon Guru Penggerak.
3.
Calon
Pengajar Praktik memanfaatkan umpan balik untuk memampukan Calon Guru Penggerak
melakukan evaluasi diri dan peningkatan kinerja di masa depan.
4.
Calon
Pengajar Praktik melakukan pendampingan kepada Calon Guru Penggerak melalui
kemampuan refleksi dan memberikan umpan balik.
Pengantar
Materi Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik - 3
Topik Pembelajaran Modul
A. Penentuan Tujuan
1.
1.
Menetapkan
tujuan adalah proses yang berharga karena membantu diri kita sendiri memikirkan
masa depan, memberi kita kesempatan untuk merenungkan nilai-nilai yang kita yakini,
dan membantu menemukan peran apa yang benar-benar sesuai bagi kita.
2.
Menetapkan
tujuan juga memungkinkan kita untuk merekonstruksi realitas, yaitu memberi kita
kesempatan untuk merefleksikan situasi saat ini secara rasional, dan mendorong
kita untuk terus bergerak.
3.
Calon
Pengajar Praktik perlu menetapkan dan atau merefleksikan tujuannya untuk
mengoptimalisasi perannya sebagai pendamping Calon Guru Penggerak
4.
Untuk
membantu proses pencapaian tujuan, Calon Pengajar Praktik akan menggunakan alat
bantu Lingkaran Emas Pribadi (Golden Circle).
5.
Lingkaran
Emas Pribadi adalah dokumen hidup sehingga di masa depan Calon Pengajar Praktik
dapat mengevaluasi dan merevisi agar terus relevan dan kontekstual dengan
tujuan.
B. Refleksi
1.
1.
Refleksi
merupakan proses yang dilakukan individu untuk mengobservasi apa yang
dipikirkan dan dirasakan
2.
Ada
berbagai macam model untuk melakukan refleksi, beberapa metode yang dapat
digunakan adalah:
1.
Segitiga
Refleksi
2.
Deal
3.
Empat
P (4P)
4.
Reflective
Storyboard
5.
Teknik
6 Topi
6.
Empat
C (4C)
7.
Model
FSB
8.
Model
Cuaca
C. Umpan Balik
1.
1.
Dalam
proses belajar, seseorang membutuhkan dukungan yang bertujuan untuk membantu
evaluasi diri (self-evaluation). Dukungan ini sangat erat kaitannya dengan
umpan balik.
2.
Umpan
balik memungkinkan seseorang untuk melihat zona buta (blind spot) dan juga
untuk membantu seseorang dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap
atau tindakan yang relevan dengan tujuannya.
3.
Umpan
balik dapat dimanfaatkan untuk perbaikan dan meningkatkan kualitas diri.
Memberi dan menerima umpan balik adalah salah satu keterampilan penting dalam
pekerjaan dan kehidupan. Dalam lingkungan profesional, umpan balik adalah aspek
kunci dari setiap pekerjaan kolaboratif.
4.
Calon
Pengajar Praktik akan diperkenalkan dengan Model Umpan Balik EPIK (Empati,
Posisi, Intensi dan Kualitas) sebagai pondasi untuk melihat kebutuhan penerima
umpan balik, dalam rangka memberikan umpan balik yang berkualitas dan
memberdayakan.
5.
Dengan
memberikan serta mengelola umpan balik dalam lingkungan diskusi yang sehat,
individu-individu akan mampu berkembang dengan lebih cepat dan lebih adaptif.
Pengantar
Materi Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik -4
Pemahaman Bermakna
Pengajar Praktik mendorong terjadinya
perubahan bersama-sama Calon Guru Penggerak dengan melakukan evaluasi diri
serta melakukan pengembangan dan pemberdayaan diri melalui penetapan tujuan,
refleksi dan umpan balik yang bermakna dan berkualitas.
Pengantar
Materi Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik -5
Produk yang Dihasilkan
1.
Dokumen
Lingkaran Emas Pribadi
2.
Dokumen
refleksi harian
Pengantar
Materi Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik -6
Mulai Dari Diri
Melakukan
refleksi diri mengenai apa yang ingin dicapai dalam program PGP, pengalaman
melakukan refleksi, dan pengalaman memberi atau menerima umpan balik terutama
dalam pembelajaran pada hari ke-1 sd hari ke-5
1.
Calon pengajar Praktik
menjawab pertanyaan di LMS.
2.
Calon Pengajar Praktik
mengunduh template Lingkaran Emas Pribadi
3.
Membaca materi mengenai
penentuan tujuan, refleksi dan umpan balik.
Eksplorasi Konsep
Setelah
menjawab pertanyaan dan membaca materi tentang penetapan tujuan, refleksi dan
umpan balik di LMS pada alur Mulai Dari Diri, Calon Pengajar Praktik
mendapatkan pemahaman dan kesadaran mengenai pentingnya menetapkan tujuan, dan
melakukan refleksi yang bermakna
1.
Pengisian template
Lingkaran Emas Pribadi Pribadi: Why-How-What.
2.
Melakukan reviu terhadap
model refleksi yang sudah diisi dan mendapatkan penguatan terhadap
“kebermaknaan” dan pengembangan diri.
Ruang Kolaborasi
Setelah
membagikan pengalaman dan membaca materi tentang umpan balik pada alur Mulai
Dari Diri, Calon Pengajar Praktik memahami bagaimana umpan balik yang positif
dan memberdayakan.
1.
Calon Pengajar Praktik
berbagi pengalaman dalam memberi dan menerima umpan balik
2.
Calon Pengajar Praktik
memahami umpan balik model EPIK dan menerapkannya pada hari berikutnya.
Demonstrasi Kontekstual
Setelah
penguatan pemahaman dan kesadaran mengenai tujuan, refleksi dan umpan balik,
Calon Pengajar Praktik mendemonstrasikan pemahamannya.
1.
Calon Pengajar Praktik
mengisi refleksi harian, dimulai dari hari ke-6 hingga hari ke-12.
2.
Calon Pengajar Praktik
melakukan praktik memberi/menerima umpan balik pada hari-hari selanjutnya.
Elaborasi Pemahaman
Calon
Pengajar Praktik merefleksikan kembali tujuan dan memaknai refleksi yang sudah
mereka isi, berbagi pengalaman saat praktik memberi/menerima umpan balik, lalu
mengaitkan konteks lokakarya dan pendampingan individu CGP.
1.
Reviu Lingkaran Emas
Pribadi Pribadi
2.
Membandingkan refleksi yang
sudah diisi di hari ke-2 s.d hari ke-4 dengan hari ke-5 s.d hari ke-11
3.
Mendapatkan pembelajaran
bermakna dari dua perbandingan hasil pengisian refleksi.
4.
Menggali dan menemukan
manfaat dari praktik memberi dan menerima umpan balik.
5.
Berlatih memberi dan
menerima umpan balik secara berkelompok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar