Mulai dari Diri - Pendidikan yang
Memerdekakan
Anda diminta berefleksi, mengingat kembali
pengalaman belajar di satu masa tertentu (misal: SD, SMP, atau SMA) sebagai
murid dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1.
Apa arti belajar bagi anda?
2.
Bagaimana perasaan Anda
saat harus belajar di sekolah?
3.
Hal apa yang membuat Anda
senang belajar di sekolah?
4.
Hal apa yang membuat Anda
tidak senang belajar di sekolah?
5.
Apa kejadian menyenangkan
yang pernah Anda alami saat menjadi seorang murid?
6.
Kejadian kurang nyaman yang
pernah Anda alami saat menjadi seorang murid?
7.
Apakah mata pelajaran yang
Anda sukai?
8.
Apa alasan Anda menyukai
mata pelajaran tersebut?
9.
Kegiatan belajar apa yang
paling menarik untuk Anda pada saat itu?
10. Guru mata pelajaran apa yang menjadi favorit anda?
Jelaskan alasannya
11. Guru mata pelajaran apa yang tidak anda sukai?
Jelaskan alasannya.
12. Guru seperti apa yang membuat Anda termotivasi
dalam belajar?
Anda diminta berefleksi,
mengingat kembali pengalaman sebagai pendidik dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1.
Hal apa yang mendorong Anda
untuk menjadi seorang pendidik seperti saat ini?
2.
Pendidik seperti apakah
Anda saat ini?
3.
Bagaimana profil pendidik
yang ideal yang ingin anda capai?
4.
Bagaimana praktik-praktik
belajar yang Anda ketahui atau amati terjadi di sekitar Anda sekarang?
Silakan tulis pemahaman Anda mengenai
prinsip yang dimiliki dan diyakini dalam menjalani peran sebagai pendidik
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan berikut:
1.
Apa definisi belajar yang anda pahami?
2.
Apa definisi pendidikan yang anda pahami?
3.
Jelaskan tokoh dan teori yang menjadi panutan dan referensi Anda dalam
menjalankan peran Anda sebagai pendidik!
Bagaimana pengalaman belajar Anda mempengaruhi tujuan anda
bergabung dalam program Pendidikan Guru Penggerak sebagai Pengajar Praktik?
Bagaimana latar belakang dan prinsip yang Anda anut sebagai
pendidik mempengaruhi tujuan Anda bergabung dalam program Pendidikan Guru
Penggerak sebagai Pengajar Praktik?
1. Belajar adalah proses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, pengalaman
sehingga kita bisa merubah sikap kita menjadi lebih baik dan untuk mencapai
cita dan keinginan kita.
2. Perasaan saya saat belajar di SMA adalah sangat senang, antusias
karena bisa bersama dengan teman-teman.
3. Hal yang membuat saya senang adalah saya mempunyai teman-teman yang
sepemikiran dan bisa berorganisasi bersama.
4. Hal yang tidak senang adalah saat ketemu dengan pelajaran yang saya
tidak suka yaitu PJOK, bahasa Inggris dan Biologi. Saya tidak suka dan berharap
hujan pada saat pelajaran PJOK.
5. Kejadian yang menyanangkan adalah saya bisa terpilih menjadi murid
teladan tingkat kabupaten, padahal prestasi pas-pas an dan saya bisa menjadi
Ketua OSIS di SMA, Ketua Pradani Pramuka.
6. Kejadian kurang menyenangkan adalah saat ulangan Biologi bab
reproduksi manusia, saya sudah belajar dan hafal ternyata soal ulangan nya
tentang reproduksi pada katak. saya kecewa berat.
7. Sebenarnya saya menyukai pelajaran sosial seperti ekonomi, sosiologi
tapi saya masuk IPA, jadi saya suka pelajaran Bahasa Indonesia dan Seni Musik
waktu saya masuk IPA.
8. Alasan saya menyukai Bahasa Indonesia, pada saat praktek wawancara,
drama, puisi, pidato saya sangat menyukai karena saya bisa mengeksplor apa yang
saya punya. Alasan saya menyukai Seni Musik karena saya suka bernyanyi, bermain
musik dan belajar not balok sangat menyenangkan.
9. Kegiatan belajar saat bekerja kelompok, berdiskusi, presentasi dan
praktek seperti baca puisi, drama, wawancara (podcast), bernyanyi, debat.
10. Guru Bahasa Indonesia, Guru Seni musik. Karena saya menyukai
pelajarann nya, praktek yang dilakukan, dan sangat mengeksplor bakat minat
murid.
11. Guru Biologi, karena saya tidak suka pelajaran nya, dan suka berbeda
antara yang di ajarkan dengan soal ulangan nya.
12. Guru yang selalu memberi kesempatan murid untuk mengeksplor bakat
minat, guru yang selalu mengapresiasi usaha murid. Guru yang memberikan latihan
soal dulu sebelum ulangan.
Anda diminta berrefleksi, mengingat kembali
pengalaman sebagai pendidik dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan
berikut ini:
1.
Hal
apa yang mendorong Anda untuk menjadi seorang pendidik seperti saat ini?
2.
Pendidik
seperti apakah Anda saat ini?
3.
Bagaimana
profil pendidik yang ideal yang ingin anda capai?
4.
Bagaimana
praktik-praktik belajar yang Anda ketahui atau amati terjadi di sekitar Anda
sekarang?
Your answer:
1. Hal yang mendorong saya, walaupun guru bukan cita- cita saya tapi
karena sudah takdir maka saya harus menjadi guru yang selalu dinantikan murid,
guru yang selalu berbagi dengan guru lain, bermanfaat buat guru lain. dan saya
juga ingin menjadi guru yang selalu diingat oleh murid-murid saya walaupun
mereka sudah tidak menjadi murid saya.
2. Seorang guru yang berusaha untuk disenangi murid dengan membuat
metode pembelajaran yang berbeda di tiap pertemuan, guru blogger dan guru
youtuber yang selalu berbagi praktik baik di media sosial agar bisa menjadi
inspirasi buat guru- guru Biologi seluruh Indonesia.
3. Profil pendidik yang ideal adalah Guru inspiratif yang berbagai
praktik baik ke semua guru di Indonesia, guru yang selalu dirindukan kehadiran
nya oleh murid, guru yang dikenang sepanjang hayat karena metode mengajar nya
yang selalu berbeda dan unik.
4. Praktik belajar di sekitar saya terdapat guru yang masih menggunakan
cara konvensional dimana berpusat pada guru, kurang memberikan kesempatan murid
untuk mengeksplor bakat minat murid. Dan guru yang memberikan tugas yang
terlalu banyak tanpa memberikan apresiasi kepada murid.
Silakan tulis pemahaman Anda
mengenai prinsip yang dimiliki dan diyakini dalam menjalani peran sebagai
pendidik dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan berikut:
1.
Apa definisi belajar yang anda pahami?
2.
Apa definisi pendidikan yang anda pahami?
3.
Jelaskan tokoh dan teori yang menjadi panutan dan referensi Anda dalam
menjalankan peran Anda sebagai pendidik
Your answer:
1. Belajar adalah suatu proses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan,
pengalaman sehingga kita bisa merubah sikap kita menjadi lebih baik dan untuk
mencapai cita dan keinginan kita.
2. Pendidikan adalah kegiatan usaha dasar untuk melaksanakan
pembelajaran supaya murid dapat mempunyai suasana belajar yang
menyenangkan.
3. Tokoh p-pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan slogan Ing ngarso sung
tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.
Serta pembelajaran yang sesuai dengan kodrat alam dan jaman.
Bagaimana pengalaman belajar Anda mempengaruhi
tujuan anda bergabung dalam program Pendidikan Guru Penggerak sebagai Pengajar
Praktik?
Your answer:
Pengalaman belajar saya yang suka dengan proses kolaborasi dan berbagi,
sehingga sangat sesuai bila saya menjadi Pengajar Praktik yang nantinya akan
membimbing CGP, saya dapat berbagi praktik baik saya kepada para CGP saya,
kemudian saya juga akan mendapatkan banyak wawasan dan pengalaman dari para CGP
dan rekan PP yang lain karena berada di dalam komunitas Guru- guru hebat.
Bagaimana latar belakang dan prinsip yang Anda anut
sebagai pendidik mempengaruhi tujuan Anda bergabung dalam program Pendidikan
Guru Penggerak sebagai Pengajar Praktik?
Your answer:
Prinsip saya adalah berbagi itu menyenangkan, berkolaborasi lebih indah,
dan belajar sepanjang hayat, maka semua itu akan sangat sesuai jika saya
menjadi Pengajar Praktik karena saya bisa berbagi praktik baik dengan para CGP,
saya bisa berkolaborasi dengan rekan PP dan Fasilitator. Dan dengan adanya
program Pelatihan Guru Penggerak saya akan terus belajar karena mendapatkan
banyak ilmu, wawasan dan pengalaman dari para guru hebat CGP dan rekan PP,
Fasilitator dan Instruktur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar