Durasi: 1 JP
Moda: Asinkronus
Setelah Anda
mempelajari praktik Pendidikan yang Memerdekakan, Anda diminta untuk
menyampaikan isu terkait pemahaman dan penerapan prinsip Pendidikan yang Memerdekakan
yang terjadi di sekolah tempat Anda bekerja dengan menjawab pertanyaan berikut:
1.
Ceritakan hal hal yang
sudah selaras dengan praktik prinsip pendidikan yang memerdekakan?
2.
Hal-hal yang tidak selaras
terkait praktik prinsip pendidikan yang memerdekakan yang dirasa perlu diubah
atau dikembangkan bahkan dihilangkan?
Hal yang sudah selaras dengan praktik prinsip
pendidikan yang memerdekakan di kelas saya adalah
ü
Membuat
kesepakatan kelas di setiap awal pembelajaran,
membuka ruang diskusi
kepada semua murid untuk memberikan komentar apa yang baik kita lakukan supaya
capaian pembelajaran tercapai
ü
Selalu
mengadakan refleksi di akhir pembelajaran supaya dapat menjadi ajang evaluasi
perbaikan metode
ü
Mengadakan
pembelajaran diferensiasi sehingga dapat belajar sesuai dengan minat dan bakat
peserta didik
ü
Mengadakan
projek kolaborasi dengan guru mata pelajaran lain, melatih murid untuk bisa
mandiri dalam pengerjaan proyek dan berkolaborasi dengan rekan sekelasnya.
ü
Pembelajaran
yang materinya kotekstual yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan dan
kondisi yang sedang berkembang. Selain itu, materi-materi itu secara
faktual atau yang kira kira sedang dialami oleh perkembangan murid itu
sendiri. Pembelajaran yang mementingkan pada kebutuhan belajar murid. Kebutuhan
tersebut meliputi kesiapan belajar murid, minat belajar murid, dan profil
murid.
ü
Menggunakan
Beragam Metode dan Teknik Pembelajaran
Dalam memenuhi setiap
kebutuhan belajar murid, guru harus mampu menggunakan metode atau teknik
pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran.
Hal-hal yang tidak selaras terkait praktik prinsip pendidikan yang
memerdekakan yang dirasa perlu diubah atau dikembangkan bahkan dihilangkan
ü
Adanya
KKM atau Kriteria Ketuntaan Minimum di Kurtilas, Dimana ada nilai yang harus di
capai oleh murid supaya bisa lulus di suatu materi atau rapot atau suoaya bisa
ke jenjang lebih tinggi. Ini membuat beban atau adanya tekanan dalam
kemerdekaan pribadi untuk belajar.
ü
Adanya
pemberian tugas yang tidak sesuai dengan kemampuan murid.
ü
Penilain
pada akhir saja atau produk saja, bukan menilai dari perencanaan dan proses
nya.
ü
Gaya
belajar diktator (berpusat pada guru)
Gaya
belajar yang memaksakan atas kehendak gurunya tanpa memperhatikan
kebutuhan para murid. Sebagian Guru masih menuntut agar para murid turut
dan patuh pada apa yang dilakukan oleh gurunya. Hal ini tidak selaras
dengan pendidikan yang memerdekakan.
ü Punishment and reword
Hal
ini karena dapat berdampak kurang baik yang dirasakan oleh para murid,
murid memiliki pemikiran yang sesaat. Misalnya dengan adanya punishment,
murid akan terasa tertekan dan menjadi pendendam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar