Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Selasa, 11 Juni 2024

Elaborasi Pemahaman - Pendidikan yang Memerdekakan

 

Durasi: 2 JP  - hari ke-6 (1 JP) dan ke-7 (1 JP)
Moda: Asinkronus

Tujuan Sesi:
Peserta dapat menggali lebih dalam wawasan tentang praktik Pendidikan yang Memerdekakan sehingga memiliki pemahaman yang matang sesuai dengan konteks praktik yang terjadi di sekolahnya.

Setelah Anda menyampaikan pemahaman Anda tentang Pendidikan yang Memerdekakan, sekarang Anda diminta untuk memikirkan bagaimana penerapan Prinsip Pendidikan yang Memerdekakan ini di berbagai tempat dalam sebuah kerangka penerapan. Sebagai referensi, silakan tonton dahulu video kompilasi wawancara dengan beberapa praktisi terkait praktik penerapan Pendidikan yang Memerdekakan yang akan disajikan pada halaman berikutnya.

Video pertama

Tentang pendidikan yang lahir batin mandiri, sdar tentang hak dan kewajibannya sebagai anggota masyarakat. Pendidikan untuk anak usia dini dan sd harus berorientasi pada kepentingan terbaik bagi anak, artinya memanusiakan anak. Anak terlibat dalam proses belajarnya di sekolah, siswa ikut menentukan tujuan cara blajar, evaluasi refleksi proses belajarnya.

 

Video 2

Belajar hidup mandiri dan merdeka dari tekanan agar bisa berkontribusi dalam masyarakat dan jati dirinya. Menjadi manusia seutuhnya dapat beradaptasi dengan segala perubahan dan bisa menerapkan prinsip ketuhanan, kemanusiaan, kesetaraan dan keadilan sosial dalam kehidupan sehari2.siswa juga belajar tidak hanya dari guru, tetapii juga dari praktisi beragam bidang. Penilaian berdasarkan hasil tetapi proses.

 

Video 3

Pengajar bisa berasal dari masyarakt yang memiliki wawasan di bidang tertentu sehingga siswa dapat menabah pengetahuan siswa. Sekolah memahami kondisi lingkungan termasuk sarpras sekolah untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam pemelajaran.

Tidak ada komentar: