Durasi: 2 JP - hari ke-6 (1 JP) dan ke-7 (1 JP)
Moda:
Asinkronus
Tujuan Sesi:
Peserta dapat menggali lebih dalam wawasan tentang praktik Pendidikan yang
Memerdekakan sehingga memiliki pemahaman yang matang sesuai dengan konteks
praktik yang terjadi di sekolahnya.
Setelah Anda
menyampaikan pemahaman Anda tentang Pendidikan yang Memerdekakan, sekarang Anda
diminta untuk memikirkan
bagaimana penerapan Prinsip Pendidikan yang Memerdekakan ini
di berbagai tempat dalam sebuah kerangka
penerapan. Sebagai referensi, silakan tonton dahulu video
kompilasi wawancara dengan beberapa praktisi terkait praktik penerapan
Pendidikan yang Memerdekakan yang akan disajikan pada halaman berikutnya.
Video pertama
Tentang pendidikan yang
lahir batin mandiri, sdar tentang hak dan kewajibannya sebagai anggota
masyarakat. Pendidikan untuk anak usia dini dan sd harus berorientasi pada
kepentingan terbaik bagi anak, artinya memanusiakan anak. Anak terlibat dalam
proses belajarnya di sekolah, siswa ikut menentukan tujuan cara blajar,
evaluasi refleksi proses belajarnya.
Video 2
Belajar hidup mandiri dan
merdeka dari tekanan agar bisa berkontribusi dalam masyarakat dan jati dirinya.
Menjadi manusia seutuhnya dapat beradaptasi dengan segala perubahan dan bisa
menerapkan prinsip ketuhanan, kemanusiaan, kesetaraan dan keadilan sosial dalam
kehidupan sehari2.siswa juga belajar tidak hanya dari guru, tetapii juga dari
praktisi beragam bidang. Penilaian berdasarkan hasil tetapi proses.
Video 3
Pengajar bisa berasal dari
masyarakt yang memiliki wawasan di bidang tertentu sehingga siswa dapat menabah
pengetahuan siswa. Sekolah memahami kondisi lingkungan termasuk sarpras sekolah
untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam pemelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar