P4 Tema Keluarga awal Kehidupan
Sub Tema Lokasi Suatu Wilayah di Permukaan Bumi (Presentasi hasil)
Pertemuan
ke 4
Identitas
Hari /
Tanggal : Senin, 7 Agustus 2023
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas : 7 (tujuh) D (4-5)
KD / CP
Pada
akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan
keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya.
Ia
mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan
karakteristik masyarakat dan memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya
dengan mitigasi kebencanaan.
Ia
juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara
terhadap pembentukan kemajemukan budaya.
Ia
mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi
kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam
mendorong pertumbuhan perekonomian.
Judul / Tema : sub Tema Lokasi Suatu Wilayah di Permukaan Bumi
Tujuan
Pembelajara / TP
Melalui
pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung,
peserta didik dapat menjelaskan lokasi
suatu wilayah di permukaan di bumi dengan baik serta mempresentasikan
di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain
sesuai dengan diferensiasi gaya belajar siswa.
Materi
Mengenal
Lokasi Tempat Tinggal
Assalamu'alaikum
Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi
robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal
mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi
aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Bagaimana
kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua
yaa..
alhamdulillah..
Insyaa
allah kalian sudah sholat subuh semua yaa,
sebelum
belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin
Semoga
kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah
Swt. aamiin
Alhamdulillah
hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.
Semoga
dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.
Anak-anakku,
pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi berikut
berikut. ... .
Mengenal lokasi tempat tinggal, berkaitan dengan ruang yang
berarti berkaitan dengan aspek geografis. dari aspek geografis dapat diketaahui
lokasi dan tempat tinggal. cara untuk mengetahui lokasi misalnya dengan melihat
peta atau batas- batas lokasi tersebut. Lokasi berkaitan erat dengan konsep ruang, konsep lokasi
membahas tentang letak atau posisi spesial dari objek tertentu di permukaan
bumi. secara sederhana lokasi merupakan letak objek dipermukaan bumi .
Lokasi merupakan letak objek di permukaan bumi. Lokasi dibedakan menjadi lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut merupakan letak yang bersifat tetap terhadap sistem koordinat. Contoh dari lokasi absolut yaitu Indonesia terletak pada 6ºLU–11ºLS dan 95ºBT–141ºBT. Letak ini tidak akan berubah selama sistem koordinat yang digunakan sebagai dasar perhitungan masih menggunakan garis ekuator dan meridian Greenwich.
Lokasi relatif merupakan letak tempat yang
dapat berubah karena keadaan di sekitarnya. Sebagai contoh, awalnya Kabupaten
Tanatidung termasuk dalam Provinsi Kalimantan Timur, tetapi saat ini merupakan
Kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara. Selain itu, lokasi relatif memiliki
pengaruh pada nilai suatu objek. Lokasi di dekat jalan raya memiliki harga
tanah yang lebih mahal tetapi kurang sesuai untuk tempat tinggal karena suara
bising dan bahaya polusi udara dari kendaraan bermotor. Oleh karena itu, dapat
dikatakan bahwa lokasi yang berkaitan dengan keadaan sekitarnya memiliki
kelebihan dan kekurangan.
Evaluasi
Ayoo, Presentasikan
hasil kerjamu di depan teman teman mu didampingi oleh guru ?
Resume /
Refleksi guru dan siswa ?
Peserta
didik dapat mengetahui dan memahami lokasi tempat tinggalnya secara absolut dan
relatif, serta dapat menunjukkan arah jelas sesuai dengan kemampuan peserta
didik masing2 dengan gaya belajara dan pemahaman yang berbeda.
Refersensi
https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/ilmu-pengetahuan-sosial-untuk-smp-kelas-vii
Resume pribadi / karya peserta
didik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar