Judul
/ Tema :
Pemahaman
Lokasi Melalui Peta
Identitas
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas/Fase : 7 / D
Materi : Pemahaman Lokasi Melalui Peta
Pertemuan ke : 1
dari 2
Guru Pengampu : Aprizal
Waktu Pembelajaran : Senin JP ke 4-5
di 7D
KD
Pada
akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan
keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya.
Ia
mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan
karakteristik masyarakat dan memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya
dengan mitigasi kebencanaan.
Ia
juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara
terhadap pembentukan kemajemukan budaya.
Ia
mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi
kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam
mendorong pertumbuhan perekonomian.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pemahaman dan penyampaian
materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat
menjelaskan lokasi suatu wilayah di permukaan di bumi dengan baik serta
mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map
atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya belajar siswa.
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil
‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin,
nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa
mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Apersepsi
Alhamdulillah
hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.
Semoga
dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.
Sebelum
kita memasuki materi hari ini, masih ingatkah kalian tentang letak absolut dan
relatif… Lokasi merupakan
letak objek di permukaan bumi. Lokasi dibedakan menjadi lokasi
absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut merupakan letak yang
bersifat tetap terhadap sistem koordinat. Contoh dari lokasi absolut yaitu
Indonesia terletak pada 6ºLU–11ºLS dan 95ºBT–141ºBT. Letak ini tidak akan
berubah selama sistem koordinat yang digunakan sebagai dasar perhitungan masih
menggunakan garis ekuator dan meridian Greenwich. Lokasi relatif merupakan
letak tempat yang dapat berubah karena keadaan di sekitarnya. Sebagai contoh,
awalnya Kabupaten Tanatidung termasuk dalam Provinsi Kalimantan Timur, tetapi
saat ini merupakan Kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara. Selain itu, lokasi
relatif memiliki pengaruh pada nilai suatu objek. Lokasi di dekat jalan raya
memiliki harga tanah yang lebih mahal tetapi kurang sesuai untuk tempat tinggal
karena suara bising dan bahaya polusi udara dari kendaraan bermotor. Oleh
karena itu, dapat dikatakan bahwa lokasi yang berkaitan dengan keadaan
sekitarnya memiliki kelebihan dan kekurangan.
Materi Inti
Nahh
Sekarang kita akan membahas materi
terakit hal diatas, dengan kaitannya materi hari ini yakni Pemahaman Lokasi
Melalui Peta
1. Pemahaman Lokasi melalui Peta
a. Pengertian Peta
Menurut ICA (International
Cartography assosiation), peta diartikan sebagai suatu representasi/gambaran
unsur-unsur atau ketampakan-ketampakan abstrak, yang dipilih dari permukaan
bumi atau yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa,
dan umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil/diskalakan. Dari
batasan menurut ICA tersebut ada tiga kata kunci untuk memahami peta dan yang
membedakannya dengan media lain untuk menggambarkan unsur permukaan bumi. Tiga
kata kunci tersebut adalah dipilih bidang datar, dan diperkecil. Ilmu yang
mempelajari tentang peta disebut kartografi. Orang yang ahli dalam bidang
perpetaan disebut kartograf,
Pemahaman Lokasi Melalui Peta
Peta adalah gambaran permukaan
bumi pada suatu bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan skala (Tim
Kemdikbud, 2017, hlm. 7). Di dalam peta terdapat sejumlah informasi tambahan
yang menyertainya seperti arah, keadaan tanah wilayah, jenis tempat, dsb. Berbagai
informasi tersebut disampaikan melalui simbol tertentu.
Komponen Peta
Peta terdiri atas beberapa
komponen penyusunannya. Komponen penyusunannya terdiri atas judul peta, skala
peta, orientasi utara, simbol peta, garis astronomis, inset, legenda, dan
sumber peta. Berikut adalah penjelasan masing-masing komponen peta berdasarkan
pendapat Tim Kemdikbud (2017, hlm. 9-14) dimulai dari judul terlebih dahulu.
Judul Peta
Skala Peta
Orientasi Utara
Simbol Peta
Garis Koordinat
Inset
Legenda
Sumber Peta
Evaluasi
1. Jelaskan pengertian PETA menurut
Kemdikbud
2. Jelaskan minimal 4 komponen yang harus ada pada Peta?
Resume / Refleksi guru dan siswa ?
Peserta didik dapat mengetahui dan
memahami lokasi tempat tinggalnya secara absolut dan relatif, serta dapat
menunjukkan arah jelas sesuai dengan kemampuan peserta didik masing2 dengan
gaya belajara dan pemahaman yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar