Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Senin, 28 Agustus 2023

PPT P5 MENYULAM TAPIS (PPT 2)


Penggunaan kata tapis pada mulanya tercatat dalam inskripsi Jawa abad ke-9 yang menunjuk pada suatu wastra atau kain tradisional yang kaya akan makna dan memiliki nilai yang tinggi, sehingga dijadikan persembahan atau hadiah dari raja-raja kepada penguasa.Dalam bahasa Jawa kuno, ”apis” atau akar kata “tap”, bermakna susunan baik atau lajur demi lajur. Pada masa perdagangan tekstil di abad ke-16 dan 17, para pedagang Inggris, Portugis dan Belanda menyebut tekstil dengan ostilas tapes, taffes, tapes chindes. Sehingga saat inim tapis diartikan sebagai tenunan yang diberi hiasan atau ornamen yang disusun khusus dalam jalur-jalur horizontal.

 

Bagi orang Lampung, kain tapis merupakan kain adat yang digunakan sebagai busana untuk perempuan suku Lampung beradat Pepadun. Suku ini pun terus melakukan produksi dan mengembangkan seni tenun tradisional itu sebagai sarana perlengkapan hidup.Secara visual, kain tapis merupakan kain berserat dengan motif-motif hiasan dari benang emas dan perak yang ditempelkan dengan teknik menyulam atau dalam bahasa setempat disebut “nyucuk”. Menapis juga dimaknai sebagai bentuk menghalangi atau menutupi kain dengan benang.Tapis dibuat dengan pelbagai teknik menyulam agar memberikan hasil akhir yang beragam, sesuai makna yang ingin disampaikan dalam motif-motif khas kain tapis atau diistilahkan ragam hias. Motif tapis dipengaruhi oleh perkembangan pengetahuan manusia dan perkembangan lingkungan setempat.

 

Klik link berikut tentang PPT Sulam Tapis  :

https://docs.google.com/presentation/d/1Xv2IRWAqvh7HYiRqrlb92xFkJF7C60HE/edit?usp=sharing&ouid=110185463823900259404&rtpof=true&sd=true

 

Selain dari daerah asalnya, kain tapis Lampung juga digunakan berdasarkan fungsinya, seperti,

1. Tapis Jung Sarat
Tapis yang biasa digunakan oleh kasta atas ini, memiliki full sulaman dan dipakai pengantin wanita pada upacara perkawinan adat. Selain itu kain tapis jenis ini, dapat juga dipakai oleh keluarga istri kerabat yang lebih tua ketika menghadiri upacara pemberian gelar, serta digunakan muli cangget (gadis penari) pada upacara adat.

2. Tapis Raja Tunggal
Dipakai oleh istri kerabat paling tua (tuho penyimbang) pada upacara perkawinan adat, pemberian pangeran atau sutan. Di daerah Abung Lampung Utara dipakai gadis-gadis yang menghadiri upacara adat.

3. Tapis Raja Medal
Dipakai oleh kelompok istri kerabat paling tua pada upacara mengawinkan anak, dan pengambilan gelar pangeran dan sutan.

  







Demikian pengantar singkat terkait Sulam tapis sebagai salah satu warisan budaya Lampung.

 


Tidak ada komentar: