Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Kamis, 03 Agustus 2023

IPS P3 - Keberadaan Diri dan Keluarga

 

Lokasi Suatu Wilayah di Permukaan Bumi

Pertemuan ke 3

 

Identitas

Hari / Tanggal          : Kamis, 3 Agustus 2023

Mata Pelajaran         : IPS  

Kelas                       : 7 (tujuh) A (6-7) B (3-4) C (9-10) D (1-2)

 

KD / CP                                             

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya.

Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan.

Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya.

Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian.

 

 

Judul / Tema                             : Lokasi Suatu Wilayah di Permukaan Bumi

 

Tujuan Pembelajara / TP        

Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan lterasi tambahan, peserta didik dapat menjelaskan interaksi antar wilayah dengan baik serta mempresentasikan  di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya belajar siswa.

 

Materi

Mengenal Lokasi Tempat Tinggal

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

 

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa,

sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin

 

Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah

Swt. aamiin

 

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

 

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi   berikut  berikut. ... .

 

Mengenal lokasi tempat tinggal, berkaitan dengan ruang yang berarti berkaitan dengan aspek geografis. dari aspek geografis dapat diketaahui lokasi dan tempat tinggal. cara untuk mengetahui lokasi misalnya dengan melihat peta atau batas- batas lokasi tersebut. Lokasi berkaitan erat dengan konsep ruang, konsep lokasi membahas tentang letak atau posisi spesial dari objek tertentu di permukaan bumi. secara sederhana lokasi merupakan letak objek dipermukaan bumi .

 

Lokasi merupakan letak objek di permukaan bumi. Lokasi dibedakan menjadi lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut merupakan letak yang bersifat tetap terhadap sistem koordinat. Contoh dari lokasi absolut yaitu Indonesia terletak pada 6ºLU–11ºLS dan 95ºBT–141ºBT. Letak ini tidak akan berubah selama sistem koordinat yang digunakan sebagai dasar perhitungan masih menggunakan garis ekuator dan meridian Greenwich.

 

Lokasi relatif merupakan letak tempat yang dapat berubah karena keadaan di sekitarnya. Sebagai contoh, awalnya Kabupaten Tanatidung termasuk dalam Provinsi Kalimantan Timur, tetapi saat ini merupakan Kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara. Selain itu, lokasi relatif memiliki pengaruh pada nilai suatu objek. Lokasi di dekat jalan raya memiliki harga tanah yang lebih mahal tetapi kurang sesuai untuk tempat tinggal karena suara bising dan bahaya polusi udara dari kendaraan bermotor. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa lokasi yang berkaitan dengan keadaan sekitarnya memiliki kelebihan dan kekurangan.

 

 

Evaluasi

Ayoo, coba kalian buat lokasi tempat tinggal mu secara relatif ?

 

Resume / Refleksi guru dan siswa ?

Peserta didik dapat mengetahui dan memahami lokasi tempat tinggalnya secara absolut dan relatif, serta dapat menunjukkan arah jelas sesuai dengan kemampuan peserta didik masing2 dengan gaya belajara dan pemahaman yang berbeda. 

 

 

Dapatkah kalian menjelaskan maksud gambar diatas ?
sumber : google.com










 Refersensi

https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/ilmu-pengetahuan-sosial-untuk-smp-kelas-vii

Resume pribadi

 

 

 

 

Tidak ada komentar: