Lokasi Suatu Wilayah di Permukaan Bumi
Pertemuan
ke 3
Identitas
Hari /
Tanggal : Kamis, 3 Agustus 2023
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas :
7 (tujuh) A (6-7) B (3-4) C (9-10) D (1-2)
KD / CP
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki
kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya.
Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah
dengan karakteristik masyarakat dan memahami potensi sumber daya alam serta
kaitannya dengan mitigasi kebencanaan.
Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi
geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya.
Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk
dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan
masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian.
Judul /
Tema : Lokasi Suatu Wilayah di Permukaan
Bumi
Tujuan Pembelajara / TP
Melalui
pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan lterasi tambahan,
peserta didik dapat menjelaskan interaksi antar wilayah dengan baik serta mempresentasikan
di depan kelas menggunakan Canvas, PPT
atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya belajar
siswa.
Materi
Mengenal
Lokasi Tempat Tinggal
Assalamu'alaikum
Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi
robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin,
nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa
mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Bagaimana
kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua
yaa..
alhamdulillah..
Insyaa allah
kalian sudah sholat subuh semua yaa,
sebelum
belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin
Semoga kita
semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah
Swt. aamiin
Alhamdulillah
hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.
Semoga dalam
proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.
Anak-anakku,
pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi berikut
berikut. ... .
Mengenal lokasi tempat tinggal, berkaitan dengan ruang yang berarti berkaitan dengan aspek geografis. dari aspek geografis dapat diketaahui lokasi dan tempat tinggal. cara untuk mengetahui lokasi misalnya dengan melihat peta atau batas- batas lokasi tersebut. Lokasi berkaitan erat dengan konsep ruang, konsep lokasi membahas tentang letak atau posisi spesial dari objek tertentu di permukaan bumi. secara sederhana lokasi merupakan letak objek dipermukaan bumi .
Lokasi merupakan letak objek di
permukaan bumi. Lokasi dibedakan menjadi lokasi absolut dan lokasi relatif.
Lokasi absolut merupakan letak yang bersifat tetap terhadap sistem koordinat.
Contoh dari lokasi absolut yaitu Indonesia terletak pada 6ºLU–11ºLS dan
95ºBT–141ºBT. Letak ini tidak akan berubah selama sistem koordinat yang
digunakan sebagai dasar perhitungan masih menggunakan garis ekuator dan
meridian Greenwich.
Lokasi relatif merupakan letak
tempat yang dapat berubah karena keadaan di sekitarnya. Sebagai contoh, awalnya
Kabupaten Tanatidung termasuk dalam Provinsi Kalimantan Timur, tetapi saat ini
merupakan Kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara. Selain itu, lokasi relatif
memiliki pengaruh pada nilai suatu objek. Lokasi di dekat jalan raya memiliki
harga tanah yang lebih mahal tetapi kurang sesuai untuk tempat tinggal karena
suara bising dan bahaya polusi udara dari kendaraan bermotor. Oleh karena itu,
dapat dikatakan bahwa lokasi yang berkaitan dengan keadaan sekitarnya memiliki
kelebihan dan kekurangan.
Evaluasi
Ayoo,
coba kalian buat lokasi tempat tinggal mu secara relatif ?
Resume /
Refleksi guru dan siswa ?
Peserta
didik dapat mengetahui dan memahami lokasi tempat tinggalnya secara absolut dan
relatif, serta dapat menunjukkan arah jelas sesuai dengan kemampuan peserta
didik masing2 dengan gaya belajara dan pemahaman yang berbeda.
![]() |
Dapatkah kalian menjelaskan maksud gambar diatas ? sumber : google.com |
Refersensi
https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/ilmu-pengetahuan-sosial-untuk-smp-kelas-vii
Resume pribadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar