Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Kamis, 31 Agustus 2023

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal

Kearifan lokal bertajuk Sulam Tapis

museumlampung

Meyulam kain tapis sesuai pola yang dibuat

Kearifan lokal merupakan kekayaan budaya masyarakat suku-suku bangsa yang memiliki potensi luar biasa. Bangsa Indonesia dianugerahi keanekaragaman kearifan lokal dalam berbagai bentuk di seluruh Nusantara.

Kearifan lokal yang dimiliki oleh masing-masing daerah tidaklah sama satu dan yang lainnya. Setiap peserta didik di masing-masing daerah harus mengetahui jenis dan keanekaragaman kearifan lokal yang ada di wilayahnya. Hal ini dimaksudkan agar menumbuhkan rasa cinta siswa akan budaya daerahnya. Selain itu, dengan mencintai budaya daerah di wilayahnya maka dapat menghalau pengaruh buruk budaya barat yang dapat menghilangkan jati diri bangsa seperti pada masa globalisasi sekarang ini. Kearifan lokal keberadaannya sangat dirasakan pada penerapan nilai-nilai yang menjadi pegangan hidup masyarakat.

Siswa SMP AL AZHAR 3 Bandarlampung mengemas projek Kurikulum Merdeka dengan menarik melalui praktik dan pelestarian budaya sulam tapis Lampung  di Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Gelaran itu mengusung tajuk sulam sapis lampung spalga hebat (SUTA SPABAT)

Kepala Sekolah SMP AL AZHAR 3 Bandarlampung Yusuf Effendi, S. Pd mengatakan, kegiatan itu digelar dalam rangka persiapan gebyar P5. Kegiatan ini menjadi wadah untuk peserta didik bisa mengembangkan bakat dan minatnya.

Dalam mata pelajaran IPS yang diampu oleh Pak Aprizal S. Pd, mengatakan bahwa kaitan P5 dengan mengusung kearifan lokal bertajuk Sulam Tapis merupakan suatu upaya menanamkan nilai nilai potensi diri, pemberdayaan diri, penongkatan diri, pemahaman diri serta peran sosial dalam masyarakat.  Dengan bertema kearifan lokal ini memberikan warna tersendiri dalam dunia pendidikan di pasca pendemi ini.  

Gelaran itu, akan dimeriahkan oleh selebrasi penampilan seluruh peserta didik kelas 7 hingga kelas 9. Mereka mendirikan stand yang menjual berbagai makanan, selain itu, para siswa juga menampilkan kesenian budaya Lampung, yakni tarian daerah.  Setelah adanya gelar karya itu, kepala sekolah mengaku selanjutnya akan memacu prestasi akademik siswa. Sebelumnya, dalam upaya peningkatan akademik siswa sekolah sudah memberikan fasilitas pelatihan untuk guru. Menurutnya, dengan adanya guru yang kompeten akan mendorong prestasi siswa.

Membuat pola sulam 


Tak hanya itu, dengan gelar karya itu diharapkan akan tertanam enam dimensi pokok P5 di dalam jiwa siswa. Antara lain menjadikan siswa beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.

Melalui projek ini, siswa mendapatkan kesempatan untuk belajar dalam situasi yang tidak formal, struktur belajar yang lebih fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan terlibat langsung dengan lingkungan sekitar. Dengan begitu, berbagai kompetensi yang mereka miliki akan lebih terasah.


#belajarjurnalistik

#gurupenggerak

#gurubergerakIndonesiahebat

#guruberkaryauntuknegeri

#gurumenulis

#literasinumerasi



Tidak ada komentar: