Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Senin, 28 Agustus 2023

P9 Kondisi Alam dan Penduduk Negara-Negara di Dunia (Australia)

 


 

Judul / Tema               :

Kondisi Alam dan Penduduk Negara Australia

 

Identitas

Mata Pelajaran                      : IPS

Kelas/Fase                            : Kelas 9   

Materi                                  : Negara Australia   

Pertemuan ke                       :  1   dari   1  (tatap muka ke 9)

Guru Pengampu                    : Aprizal

Waktu Pembelajaran              : 9B JP ke 1-2,  9A JP ke 9-10

 

KD

3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor  alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

 Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem based Learning (PBL) peserta didik diharapkan dapat   mengamati permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang :

·         Letak negara Australia secara astronomis dan geografis.

·         Keadaan fisik negara Australia

 

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Apersepsi  

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Sebelum kita memasuki materi hari ini, masih ingatkah kalian tentang UK atau dikenala dengan nama Inggris…

Manchester United, Arsenal …… negara asalnya adalah Inggris loh.. Big Benz at London…

Inggris   adalah sebuah negara maju dan modern yang masih menganut sistem oigarki monarki, diman Pelaksanaan Pemerintahannya diaksakan oleh PM yang bertanggung jawab kepada Ratu Inggris atau Raja Inggris.

Anak-anakku, pada kesempatan kali ini kaitan materi tersebut akan kita bahas dalam materi pertemuan kali ini dengan negara Ausie….

 

 

Kondisi keadaan alam Australia di bagian tengah Benua

sumber youtube


Materi Pembelajaran

Benua Australia adalah benua terbesar keenam di dunia, yang terletak di bawah garis Khatulistiwa di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Secara astronomis, letaknya antara 110 derajat Bujur Timur hingga 155 derajat Bujur Timur dan 10 derajat Lintang Selatan hingga 45 derajat Lintang Selatan. 

 

Benua Australia merupakan satu-satunya benua yang berada di bawah garis Khatulistiwa dan sebagian besar wilayahnya berada di belahan bumi selatan.

Letak geografis dan astronomis ini membuat Australia memiliki iklim, flora, dan fauna yang sangat berbeda dengan benua lainnya di dunia.

 

a. Letak dan Luas Wilayah

Luas benua australia : 7.686.850 km2 Letak astronomis benua Australia : 113 BT- 155 BT dan 10 LS – 43 LS

Batas-Batas Benua Australia :

Barat : Samudra Hindia (Samudra Indonesia)

Timur: Samudra Pasifik

Utara : Laut Timor dan Laut Arafuru

Selatan : Samudra Hindia

 

b. Kondisi Iklim

Apabila ditinjau dari garis lintangnya, Australia memiliki 3 wilayah iklim.

Iklim tropis, terletak di 10'LS - 23'LS terdapat di Australia bagian utara.

Iklim subtropis, terletak di 23'LS - 35'LS terdapat di Australia bagian selatan.

Iklim sedang, terletak di 35'LS - 44'LS terdapat di selatan Victoria dan Tasmania.

 

Iklim di Australia juga dipengaruhi oleh arus samudra, jarak dari laut dan bentang alam. Di sekitar pantai utara, barat, dan timur suhunya relatif hangat karena pengaruh mengalisrnya arus panas. Sedangkan di sepanjang pantai selatan dan Tasmania suhu udara relatif dingin akibat mengalirnya arus dingin. Daerah-daerah yang terletak dekat pantai udaranya lembap, sedangkan wilayah tengah Australia, karena letaknya jauh dari laut, dan wialayahnya berupa gurun, udaranya sangat kering.

 

c. Bentang Alam

Sebagian besar bentang alam benua adalah Australia adalah plato rendah. Pada sisi barat dan timur terdapat dataran rendah pantai. Benua Australia dapat dibedakan menjadi lima kawasan bentang alam utama sebagai berikut.

 

1. Plato Barat

Pada awalnya Plato Barat merupakan dataran tinggi sangat luas kemudian mengalami erosi. Kawasan ini terdiri atas Plato Hammersley, Plato Kimberly, Plato Tanah Arnhem, Pegunungan Rendah Macdonnell dan Musgrave, serta monolit raksasa (batu besar), Uluru atau Ayer’s Rock. Sebagian besar Plato Barat berupa gurun pasir dan wilayah luas yang tidak bersungai. Sungai yang ada, seperti Sungai Ord, Gascoyne, dan Murchison, mengalir ke barat atau utara.

2. Dataran Rendah Tengah

Kawasan ini terbentuk dari endapan dan membentang dari pantai utara di Teluk Carpentaria ke selatan di dataran rendah Sungai Murray dan Darling.Di kawasan ini terdapat cekungan Carpentaria (sebelah utara) dan cekungan Danau Eyre (sebelah selatan). Sebagian besar sungai mengalir tidak tetap (ketika hujan) ke danau-danau di daerah pedalaman dan tidak pernah sampai ke laut. Danau Eyre merupakan danau terbesar dan tanpa air (danau garam) hampir sepanjang tahun. Di selatan cekungan Danau Eyre terdapat cekungan Murray– Darling. Di cekungan ini mengalir sungai terbesar di Australia, yaitu Sungai Murray dan Darling.

 

3. Dataran Tinggi Timur

Kawasan ini dikenal dengan Pegunungan Pemisah Besar. Dataran tinggi ini terbentuk oleh gunung-gunung tua yang telah tererosi dan membentang dari Semenanjung Cape York ke selatan arah Tasmania. Pegunungan yang ada antara lain Pegunungan Biru (Blue Mountains) di sebelah barat Sydney dan Pegunungan Salju (Snowy Mountains) di sepanjang perbatasan negara bagian New South Wales dan Victoria. Pegunungan Salju merupakan pegunungan tertinggi di Australia. Puncak Pegunungan Salju adalah Gunung Kosciusko (2.228 m) yang merupakan gunung tertinggi di Australia. Dataran tinggi timur merupakan daerah hulu dari banyak sungai yang mengalir ke pantai timur dan ke daerah pedalaman. Sungai Murray (2.520 km) dan Sungai Darling (3.750 km) mengalir ke arah pedalaman kemudian menuju ke Laut Selatan.

 

4. Dataran Pantai Barat

Dataran ini terbentuk akibat sesar batuan di sepanjang pantai barat Benua Australia. Sesar batuan di pantai yang sempit telah tertekan ke bawah sehingga membentuk dataran pantai.

 

5. Dataran Pantai Timur

Sesar batuan di Dataran Tinggi Timur di sepanjang pantai timur menimbulkan dataran rendah pantai yang sempit. Jalur pantai yang sempit itu terdiri atas lembah-lembah sungai dan bukit-bukit. Beberapa sungai pendek antara lain Sungai Burdekin, Fitzrog, dan Hunter penting bagi pertanian dan penduduk. Sungai Hawkesburg, Parramatta, dan Georges adalah sungai yang digunakan untuk mengairi lahan pertanian. Selain bentang alam daratan, Benua Australia juga memiliki karakteristik landas benua (shelf) yang unik. Di sebelah timur benua, yaitu di lepas pantai Queensland terdapat kawasan terumbu karang sangat luas yang disebut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef). Karang ini terbesar dan terpanjang di dunia.

 

6. Flora dan Fauna

Pohon kayu eukaliptus (569 jenis) dan pohon kayu akasia (772 jenis) merupakan tanaman yang paling umum dijumpai. Hutan tropis dan hutan sedang dijumpai di tempat yang curah hujannya banyak. Di hutan ini ada banyak pohon besar dan berbagai jenis tanaman lain. Hutan ini ada di daerah tropis yang panas dan lembab di Queensland, di daerah pantai Australia bagian timur dan di Tasmania yang beriklim sedang, basah, dan sejuk. Di hutan yang terletak di daerah tropis ada pohon anggur dan pohon kelapa sawit. Hutan jenis ini ada hubungannya dengan hutan yang ada di Indonesia dan di Asia Tenggara. Hal ini karena dulu pada zaman es permukaan laut yang lebih rendah telah menghubungkan Australia dengan Irian Jaya sehingga hutan-hutan ini meluas. Di daerah-daerah yang beriklim sejuk dan sedang, juga ada pohon pakis dan lumut di hutan ini serta pohon beech yang berasal dari benua Antartika.

Hewan Australia yang paling terkenal adalah hewan marsupial (berkantung) yang disebut kanguru dan koala Di antara hewan-hewan Australia yang luar biasa adalah platypus dan trenggiling yang keduanya adalah jenis monotrem yakni hewan mamalia tak bergigi dan berlobang satu untuk bertelur dan buang air.

 

e. Potensi Bencana Alam

Bencana alam seperti kekeringan, banjir, dan kebakaran hutan sering terjadi di Australia.

Bencana kebakaran hutan terjadi hampir setiap tahun dan menyebabkan kerugian besar baik bagi manusia maupun satwa liar.

Itulah beberapa ciri khas kondisi alam di benua Australia yang memiliki keunikan dan kekayaan alam yang melimpah.

Selain itu, Australia juga menghadapi tantangan dalam mengelola sumber daya alam dan melindungi lingkungan alaminya dari bencana alam dan aktivitas manusia yang berlebihan.

 

 

Evaluasi / Refleksi materi

Setelah kalian memahami materi diatas, dapatkah kalian :

1.      Menjelaskan kenampakan alam negara Australia ? 

2.      Menjelaskan kondisi keadaan penduduk negara Australia?

3.      Bagaimana flora dan fauna di Australia?

 

 

Kesimpulan

Australia merupakan suatu Negara dibelahan Selatan di dataran Benua Australia. Secara astromomis Australia terletak pada 113º BT (Bujur Timur) - 155º BT (Bujur Timur) dan 10º - 43º LS (Lintang Selatan) dengan luas mencapai 8.945.000 km². Australia memiliki kondisi alam hampir sebagian berupa pegunungan, pantai, dan sebagainya. Berikut kondisi alam Negara Australia.

Gunung - gunung di Australia

Pantai - pantai di Australia

Dataran rendah di Australia

Sungai - Sungai di Australia

 

3 komentar:

Raihan Zailani Putra mengatakan...

Assalamu'alaikum
Raihan Zailani Putra
9A
Hadir

Raihan Zailani Putra mengatakan...

Assalamu'alaikum
Keysha Ozora Aditya Putri
9A
Hadir

Raihan Zailani Putra mengatakan...

Assalamu'alaikum
Andhika Putra Pratama
9A
Hadir