Sub Tema Lokasi
Suatu Wilayah di Permukaan Bumi
Pertemuan
ke 3
Identitas
Hari /
Tanggal : Kamis, 3 Agustus 2023
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas
: 7 (tujuh) C (4-5)
KD / CP
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan
memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan
lingkungan terdekatnya.
Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis
daerah dengan karakteristik masyarakat dan memahami potensi sumber daya alam
serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan.
Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi
geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya.
Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk
dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan
masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian.
Judul / Tema : sub Tema Lokasi Suatu
Wilayah di Permukaan Bumi
Tujuan
Pembelajara / TP
Melalui
pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan lterasi
tambahan, peserta didik dapat menjelaskan interaksi antar wilayah dengan baik
serta mempresentasikan di depan kelas
menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan
diferensiasi gaya belajar siswa.
Materi
Mengenal Lokasi Tempat Tinggal
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil
anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi
washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah
ya? sehat semua yaa..
alhamdulillah..
Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa,
sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin
Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam
lindungan Allah
Swt. aamiin
Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.
Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman.
aamiin.
Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi
berikut berikut. ... .
Mengenal lokasi tempat
tinggal, berkaitan dengan ruang yang berarti berkaitan dengan aspek geografis.
dari aspek geografis dapat diketaahui lokasi dan tempat tinggal. cara untuk
mengetahui lokasi misalnya dengan melihat peta atau
batas-
batas lokasi tersebut. Lokasi berkaitan erat
dengan konsep ruang, konsep lokasi membahas tentang letak atau posisi spesial
dari objek tertentu di permukaan bumi. secara sederhana lokasi merupakan letak
objek dipermukaan bumi .
Lokasi
merupakan letak objek di permukaan bumi. Lokasi dibedakan menjadi lokasi
absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut merupakan letak yang bersifat tetap
terhadap sistem koordinat. Contoh dari lokasi absolut yaitu Indonesia terletak
pada 6ºLU–11ºLS dan 95ºBT–141ºBT. Letak ini tidak akan berubah selama sistem
koordinat yang digunakan sebagai dasar perhitungan masih menggunakan garis
ekuator dan meridian Greenwich.Tahukah kalian apakakah lokasi berdasarkan absolut ?
Sumber Google Maps.
Lokasi
relatif merupakan letak tempat yang dapat berubah karena keadaan di sekitarnya.
Sebagai contoh, awalnya Kabupaten Tanatidung termasuk dalam Provinsi Kalimantan
Timur, tetapi saat ini merupakan Kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara. Selain
itu, lokasi relatif memiliki pengaruh pada nilai suatu objek. Lokasi di dekat
jalan raya memiliki harga tanah yang lebih mahal tetapi kurang sesuai untuk
tempat tinggal karena suara bising dan bahaya polusi udara dari kendaraan
bermotor. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa lokasi yang berkaitan dengan
keadaan sekitarnya memiliki kelebihan dan kekurangan.
Evaluasi
Ayoo,
coba kalian buat lokasi tempat tinggal mu secara relatif ?
Resume /
Refleksi guru dan siswa ?
Peserta
didik dapat mengetahui dan memahami lokasi tempat tinggalnya secara absolut dan
relatif, serta dapat menunjukkan arah jelas sesuai dengan kemampuan peserta
didik masing2 dengan gaya belajara dan pemahaman yang berbeda.
Refersensi
https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/ilmu-pengetahuan-sosial-untuk-smp-kelas-vii
Resume pribadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar