https://www.youtube.com/watch?v=dn39kiAHOFs
Identitas
Mata Pelajaran | : | IPS |
Kelas | : | 8 AB / Fase D |
Materi | : | Integrasi sosial (latihan soal) |
Pertemuan ke | : | 3 Latihan Soal |
Guru Pengampu | : | Aprizal |
Waktu Pembelajaran | : | Rabu 16 April 2025 |
CP
Di akhir kelas 8, peserta didik memahami kondisi geografis Nusantara dan potensi serta pelestarian sumber dayanya. Ia menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis Nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia juga memahami perkembangan hubungan antarwilayah di Nusantara hingga munculnya semangat kebangsaan Indonesia.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan dan menganalisis Proses pergerakan kemerdekaan dan Kemerdekaan Indonesia dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan kesiapan siswa.
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Sebelum kita memasuki materi hari ini, mari kita ingat lagi tentang Kondisi Geografis dan Pemerataan Ekonomi. Kondisi geografis Indonesia yang beragam mengakibatkan potensi sumber daya alam yang beragam juga. Hal ini merupakaan salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia.
Namun hal ini juga menimbulkan kesenjangan antardaerah di Indonesia karena tidak setiap daerah dapat mengoptimalkan sumber daya tersebut.
Oleh karena itu pemerintah memfasilitasi adanya lembaga keuangan yang bertujuan membantu mencukupi kebutuhan masyarakat sebagai upaya meningkatkan pemerataan ekonomi di setiap daerah.
Spalgaiss… sudah ingatkan sekarang.
Mari kita lanjut dan hubungkan materi minggu lalu dengan materi hari ini. Simak yah.
Materi
D. Faktor yang Memengaruhi Cepat dan Lambatnya Proses Integrasi
Berikut ini, adalah faktor-faktor yang memengaruhi cepat atau lambatnya sebuah proses integrasi sosial, yaitu:
- Homogenitas Kelompok
Pada masyarakat yang homogenitasnya rendah integrasi sangat mudah dicapai, begitu juga sebaliknya.
- Besar Kecilnya Sebuah Kelompok
Jumlah anggota kelompok sangat memengaruhi cepat atau lambatnya proses integrasi karena sangat membutuhkan penyesuaian di antara anggotanya, lo.
- Mobilitas Geografis
Semakin sering anggota di dalam suatu masyarakat datang dan pergi, maka semakin besar juga proses integrasi.
- Efektifitas Komunikasi
Semakin efektif suatu komunikasi, maka semakin cepat pula integrasi anggota masyarakat tercapai.
"Dengan banyaknya masyarakat yang keluar masuk di dalam satu wilayah maka semakin besar juga proses integrasi terjadi."
Evaluasi
1. Apa yang dimaksud dengan integrasi sosial dan mengapa penting bagi masyarakat yang beragam seperti Indonesia?
2. Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur yang dapat berbeda dalam masyarakat yang perlu diintegrasikan!
3. Bagaimana integrasi sosial dapat mengurangi kemungkinan terjadinya konflik sosial dalam masyarakat?
4. Jelaskan tiga syarat terjadinya integrasi sosial menurut William F. Ogburn dan Meyer Nimkoff!
5. Apa yang dimaksud dengan integrasi normatif dan berikan contohnya dalam konteks Indonesia?
6. Jelaskan konsep integrasi fungsional dan berikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari!
7. Apa yang dimaksud dengan integrasi koersif dan dalam situasi apa integrasi ini biasanya dilakukan?
8. Jelaskan proses asimilasi dalam konteks integrasi sosial!
9. Apa itu akulturasi dan bagaimana proses ini berbeda dari asimilasi?
10. Sebutkan dan jelaskan empat faktor yang memengaruhi cepat atau lambatnya proses integrasi sosial!
11. Bagaimana homogenitas kelompok memengaruhi proses integrasi sosial?
12. Mengapa mobilitas geografis dapat mempengaruhi proses integrasi sosial dalam masyarakat?
13. Jelaskan pentingnya efektivitas komunikasi dalam mencapai integrasi sosial!
14. Sebutkan dan jelaskan beberapa faktor pendorong integrasi sosial!
15. Apa saja faktor internal dan eksternal yang dapat menjadi penghambat integrasi sosial?
Kesimpulan
Pengertian:
• Proses penyatuan atau pembauran berbagai kelompok sosial dalam masyarakat menjadi satu kesatuan yang utuh.
• Tujuannya agar tercipta keselarasan, keamanan, dan ketertiban dalam masyarakat.
Bentuk-Bentuk Integrasi Sosial:
• Asimilasi: Peleburan dua kebudayaan atau lebih menjadi satu kebudayaan baru, di mana ciri khas budaya lama perlahan menghilang.
• Akulturasi: Penerimaan unsur-unsur kebudayaan asing menjadi bagian dari kebudayaan sendiri tanpa menghilangkan ciri khas kebudayaan asli.
• Kerja Sama (Kooperasi): Usaha bersama antarindividu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
• Toleransi: Sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan antarindividu atau kelompok.
Faktor-Faktor Pendorong Integrasi Sosial:
• Adanya kesadaran akan kesamaan tujuan.
• Adanya sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan.
• Adanya persamaan dalam kebutuhan.
• Adanya rasa solidaritas dan gotong royong.
• Adanya musuh bersama dari luar kelompok.
Faktor-Faktor Penghambat Integrasi Sosial:
• Adanya perbedaan kepentingan antar kelompok.
• Adanya prasangka dan diskriminasi terhadap kelompok lain.
• Adanya konflik antar kelompok.
• Adanya perasaan superioritas (merasa lebih unggul) pada salah satu kelompok.
• Kurangnya komunikasi dan interaksi antar kelompok.
Pentingnya Integrasi Sosial:
• Menciptakan masyarakat yang harmonis dan damai.
• Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.
• Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
• Memudahkan pembangunan nasional.
Contoh Integrasi Sosial di Indonesia:
• Gotong royong dalam membersihkan lingkungan.
• Kerja sama antar umat beragama dalam kegiatan sosial.
• Partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa.
• Interaksi antar suku dan budaya dalam acara kesenian.
Semoga resume ini mudah dipahami!
Referensi
https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/IPS-BS-KLS-VIII.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar